9 Kesalahan Penulisan Angka dan Bilangan Mungkin Sering di Lakukan

Salah satu hal yang sering membingungkan para penulis adalah cara penulisan angka dan bilangan. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai cara penulisan angka dan bilangan yang sesuai dengan kaidah ejaan yang benar dalam bahasa Indonesia. Dengan contoh kesalahan-kesalahan berikut ini, kamu bisa mengetahui bagaimana sih cara penulisan yang tepat, berikut penjelasannya.

 

9. Penulisan Penanda Waktu Jam, Menit, dan Detik

“Pukul berapa acaranya dimulai?”

“Sekitar setengah jam lagi, pukul 13:00.”

Banyak orang yang masih sering keliru dalam menuliskan penanda waktu jam, menit, dan detik. Contohnya saja penulisan penanda waktu di atas. Tanda baca yang baku untuk menuliskan penanda waktu jam, menit, dan detik adalah tanda titik. Jadi, penulisan yang tepat adalah sebagai berikut.

“Sekitar setengah jam lagi, pukul 13.00.”

 

8. Penulisan Nilai Mata Uang Rupiah

“Rp 30.000,-“

“Rp. 30.000,00”

“Rp.30.000,00”

“Rp 30,000,-“

Yang manakah penulisan nilai mata uang rupiah yang benar? Terkadang banyak orang yang masih bertanya-tanya. Ternyata semua nilai mata uang rupiah di atas salah. Penulisan yang benar adalah tanpa ada spasi atau tanda baca apapun setelah Rp dan sebelum angka, seperti berikut ini.

“Rp30.000,00”

 

7. Penulisan Bilangan Dua atau Satu Digit

“Penulis menemukan 2 cacat logika dalam cerita…”

“Ada lebih dari duapuluh peserta yang…”

Penulisan bilangan dua atau satu digit tidak perlu ditulis dengan angka, tetapi cukup ditulis dengan huruf saja. Kemudian untuk angka dua digit seperti dua puluh (20), dua belas (12), dan lain sebagainya bisa ditulis dengan dipisahkan oleh spasi. Jadi, penulisan yang benar adalah sebagai berikut.

“Penulis menemukan dua cacat logika dalam cerita…”

“Ada lebih dari dua puluh peserta yang…”

 

6. Penulisan Bilangan di Atas Dua Digit

“Tersangka terbukti telah menggelapkan uang senilai tiga ratus dua puluh lima juta rupiah.”

“Uang senilai 325 juta rupiah itu disimpan dalam akun bank orang-orang terdekatnya.”

Berbeda halnya dengan bilangan di bawah dua digit, bilangan dengan angka di atas dua digit lebih baik dituliskan dengan angka untuk mempermudah pembaca. Selain itu, penulisan bilangan dengan angka nol yang banyak dapat disingkat dengan menuliskan juta, miliar, triliun, dan seterusnya dengan dipisahkan oleh spasi. Berikut cara penulisan yang benar.

“Tersangka terbukti telah menggelapkan uang senilai Rp325.000,00.”

“Uang senilai Rp325 juta itu disimpan dalam akun bank orang-orang terdekatnya.”

 

5. Penulisan Urutan Angka Tanpa Strip

“S1 atau S-1?”

“Anak ke-3”

Penulisan angka yang dikombinasikan dengan huruf seperti di atas harus dipisahkan dengan tanda strip. Karena angka dan huruf adalah dua unsur yang berbeda. Sehingga penulisan yang tepat adalah sebagai berikut.

“S-1”

“Anak ke-3”

 

4. Tidak Ada Titik Setelah Kata Nomor yang Disingkat

“Alamatku di Jalan Mawar No 30.”

Harus ada titik setelah kata nomor yang disingkat menjadi no., karena dalam kaidah ejaan bahasa Indonesia, kita perlu menuliskan titik setelah kata yang disingkat.

 

3. Angka di Awal Kalimat

“20 orang tewas dalam kecelakaan tragis tersebut.”

Tidak banyak yang mengetahui bahwa angka tidak boleh ditulis di awal kalimat. Angka tersebut harus dibilangkan jika ingin ditulis di awal kalimat. Jadi, penulisan yang baku adalah sebagai berikut.

“Dua puluh orang tewas dalam kecelakaan tragis tersebut.”

 

 

2. Tidak Ada Tanda Strip Sebelum Akhiran -an

“Anak Tahun 2000an Pasti Kenal Lagu-Lagu Kartun Legendaris Ini”

Pernah melihat artikel dengan judul serupa? Bisakah kamu menebak apa yang salah dalam penulisan angka di atas? Ya, tidak adanya tanda strip sebelum akhiran -an. Sama halnya dengan penulisan S-1 yang memerlukan strip, kita juga perlu menambahkan tanda strip sebelum akhiran -an ketika menuliskannya bersama angka. Sebab, angka dan huruf adalah unsur yang berbeda. Berikut adalah perbaikannya.

“Anak Tahun 2000-an Pasti Kenal Lagu-Lagu Kartun Legendaris Ini”

 

1. Penulisan Bilangan Dua Digit Tanpa Spasi

“Tigapuluh”

“Empatratus”

“Duapuluh ribu”

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk menuliskan bilangan dengan angka berjumlah dua digit atau kurang, kita bisa menggunakan huruf. Tetapi banyak yang masih keliru dalam penulisannya, yakni tidak adanya spasi yang memisahkan dua bilangan tersebut. Berikut adalah cara penulisan yang benar.

“Tiga puluh”

“Empat ratus”

“Dua puluh ribu”

 

Itulah 9 kesalahan penulisan angka dan bilangan yang sering kita temui. Merasa artikel ini bermanfaat? Ayo share di media sosial kamu.