Menemukan Ide Karya Ilmiah

Cara Menemukan Ide Karya Ilmiah

Apakah kamu seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang bingung mengerjakan tugas akhir seperti skripsi dan sebagainya? Atau kamu seorang mahasiswa aktif yang sedang bingung mencari ide buat karya ilmiahmu? Kamu pasti akan menghadapi situasi di mana kamu sedang kebingungan buat mencari ide yang bagus. Bagaimana tidak? Dengan semakin berkembangnya zaman, tuntutan untuk menjadi kreatif dalam memecahkan masalah dan mencari ide baru menjadi semakin sulit. Apalagi buat para mahasiswa yang tugasnya adalah untuk belajar seperti kamu, kamu harus bisa melatih kreativitasmu dalam mencari ide-ide baru. Tapi bagaimana caranya menemukan ide itu?

Biasanya, para mahasiswa seringkali mengalami kesulitan mencari ide baru buat karya ilmiah mereka karena beberapa alasan. Berbagai alasan seperti ide tersebut sudah pernah dibahas orang lain, kurangnya referensi untuk mencari ide, dan lain sebagainya adalah beberapa alasan yang paling populer di balik sulitnya menemukan ide baru. Belum lagi, adanya komentar dari dosen pembimbing atau orang lain yang menuntut agar karya ilmiah kamu harus seorisinil mungkin. Alasan-alasan semacam ini pasti sudah cukup membuat para mahasiswa pusing setengah mati hanya karena mereka tidak bisa menemukan ide karya ilmiah yang bagus juga!

Kalau begitu, apa yang bisa kamu perbuat supaya kamu bisa menggali sebanyak mungkin ide baru buat karya ilmiah kamu? Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan supaya bisa menemukan ide baru buat karya ilmiah buatanmu! Penasaran seperti apa saja?

Berikut cara menemukan ide karya ilmiah

1. Membaca – Baca Hasil Penelitian Terdahulu

There is nothing new under the sky. Pernah dengar istilah bahasa Inggris ini? Istilah ini artinya sebenarnya tidak ada satu pun hal baru yang ada di bawah kolong langit ini. Dan ini juga berlaku buat kamu yang sedang mencari ide baru buat karya ilmiah! Pasalnya, semua karya ilmiah pasti akan menggunakan studi terdahulu sebagai bahan acuan untuk pengerjaannya. Ini berarti, tidak ada namanya karya ilmiah yang benar-benar 100% orisinil! Dengan membaca-baca contoh karya ilmiah terdahulu yang sudah dipublikasikan, kamu bisa saja menemukan sesuatu yang kurang di karya-karya itu yang bisa kamu sempurnakan.

2. Jelajahi Internet Untuk Menemukan Ide Karya Ilmiah

Internet itu tidak selamanya hanya isinya media sosial dan YouTube saja! Ingat, internet yang begitu luas itu memiliki jutaan hingga milyaran informasi yang barangkali tidak pernah kamu tahu. Dan karena internet sudah begitu canggih sekarang, rasanya kamu tidak akan kehabisan sumber buat mencari sebanyak mungkin ide baru buat menulis karya ilmiah. Mulai dari portal berita, website lembaga penelitian, dan hingga situs-situs lainnya pasti akan selalu menampilkan semua jenis informasi terbaru yang bisa kamu pakai.

3. Diskusi Dengan Teman Cara Terbaik Untuk Menemukan Ide Karya Ilmiah

Mempunyai teman sesama mahasiswa adalah salah satu aset terbesar yang kamu punya sebagai seorang mahasiswa! Mulai dari teman nongkrong hingga teman diskusi, mempunyai teman dari berbagai latar belakang bisa sangat membantu kamu di masa mendatang. Selain dari teman jurusan sendiri, kamu bisa berdiskusi dengan teman-teman jurusan lain yang mungkin punya ide baru buat kamu. Mencari inspirasi ide tidak harus melulu dari jurusanmu sendiri – siapa tahu jawabannya justru ada di luar jurusanmu selama ini!

4. Melihat keadaan lingkungan sekitar

Contoh karya ilmiah yang bagus dan relevan adalah yang ada kaitannya dengan lingkungan sekitar. Bagaimana tidak, fenomena dan isu yang sering diangkat dalam berbagai karya ilmiah juga banyak terinspirasi dari lingkungan sekitar. Coba sesekali lihat ke luar gedung fakultasmu – mungkin saja ada inspirasi ide buat kamu yang tidak langsung kasat mata. Masyarakat sekitar juga bisa jadi inspirasi buat kamu ketika fenomena sosial yang sedang terjadi adalah fokus kamu dalam membuat karya ilmiah. Ditambah lagi, berinteraksi dengan warga sekitar yang bukan mahasiswa mungkin justru akan memperkaya sudut pandangmu tentang lingkungan sekitar yang ada.

5. Konsultasi Dengan Dosen

Dosen tetaplah salah satu bagian terpenting bagi kamu buat bisa menyelesaikan karya ilmiah kamu. Tanpa dosen, maka kamu tidak akan tahu cara mengerjakan karya ilmiah dengan bimbingan yang benar. Dosen juga adalah orang yang bisa dibilang sebagai ahlinya ilmu yang sedang kamu pelajari di kampus, maka tidak heran kalau banyak mahasiswa menjadikan dosen sebagai pembimbing karya ilmiah mereka. Kamu bisa menjalin hubungan baik dengan mereka di luar kelas – jelaskan maksud kamu dalam membuat karya ilmiah itu kepada dosen dengan cara yang baik. Siapa tahu, dosen itu akan dengan senang hati membantu karya ilmiah kamu dan membuka kesempatan lain yang tidak pernah kamu tahu sebelumnya.

Nah, apakah kamu sudah sedikit lebih paham soal cara menemukan ide buat karya ilmiah? Prosesnya memang tidak bisa dibilang mudah, tapi dengan melakukannya, kamu bisa mempelajari begitu banyak hal yang belum pernah kamu tahu sebelumnya. Selamat berkarya dan jangan lupa untuk tetap semangat, ya!

127 thoughts on “Cara Menemukan Ide Karya Ilmiah

  1. Pingback: Fiverr Earn
  2. Pingback: fiverrearn.com
  3. Pingback: red boost buy
  4. Pingback: fiverrearn.com
  5. Pingback: fluffy bullies
  6. Pingback: wix website
  7. Pingback: six sigma
  8. Pingback: Warranty
  9. Pingback: FUE
  10. Pingback: FUE
  11. Pingback: Safe moving
  12. Pingback: FiverrEarn
  13. Pingback: FiverrEarn
  14. Pingback: FiverrEarn
  15. Pingback: FiverrEarn
  16. Pingback: Fiverr
  17. Pingback: FiverrEarn
  18. Pingback: FiverrEarn
  19. Pingback: FiverrEarn
  20. Pingback: Sefton Play Club
  21. Pingback: partners
  22. Pingback: Globalization
  23. Pingback: french bulldog
  24. Pingback: Tips
  25. Pingback: FiverrEarn
  26. Pingback: FiverrEarn
  27. Pingback: FiverrEarn
  28. Pingback: FiverrEarn
  29. Pingback: FiverrEarn
  30. Pingback: FiverrEarn
  31. Pingback: FiverrEarn
  32. Pingback: FiverrEarn
  33. Pingback: FiverrEarn
  34. Pingback: FiverrEarn
  35. Pingback: FiverrEarn
  36. Pingback: FiverrEarn
  37. Pingback: FiverrEarn
  38. Pingback: FiverrEarn
  39. Pingback: FiverrEarn
  40. Pingback: FiverrEarn
  41. Pingback: FiverrEarn
  42. Pingback: FiverrEarn
  43. Pingback: FiverrEarn
  44. Pingback: FiverrEarn
  45. Pingback: FiverrEarn
  46. Pingback: FiverrEarn
  47. Pingback: FiverrEarn
  48. Pingback: FiverrEarn
  49. Pingback: FiverrEarn
  50. Pingback: anniversary
  51. Pingback: Kuliah Termurah
  52. Pingback: FiverrEarn
  53. Pingback: FiverrEarn
  54. Pingback: FiverrEarn
  55. Pingback: FiverrEarn
  56. Pingback: FiverrEarn
  57. Pingback: cheap sex cams
  58. Pingback: live sex cams
  59. Pingback: live sex cams
  60. Pingback: live sex cams
  61. Pingback: dehydrated water
  62. Pingback: frt trigger

Comments are closed.