awalan akhiran dan sisipan

Mengenal Awalan Akhiran dan Sisipan dalam Bahasa Indonesia

Dalam kaidah bahasa Indonesia, tentunya kita sering mendengar istilah kata berimbuhan. Kata berimbuhan tentunya melekat dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama dalam berkomunikasi. Lalu, apa yang disebut dengan kata berimbuhan?

Pengertian Imbuhan (Afiks)

Imbuhan (afiks) adalah suatu bentuk linguistik yang di dalam suatu kata merupakan unsur langsung, yang bukan kata dan bukan pokok kata. Melainkan mengubah leksem menjadi kata kompleks, artinya mengubah leksem itu menjadi kata yang mempunyai arti lebih lengkap, seperti mempunyai subjek, predikat dan objek. Sedangkan prosesnya sendiri di sebut afiksasi (affixation).

Imbuhan (afiks) adalah bentuk (morfem) terikat yang dipakai untuk menurunkan kata. Imbuhan (afiks) dibahas dalam bidang ilmu Morfologi. Sedangkan definisi Morfologi adalah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta pengaruh perubahan bentuk kata terhadap golongan dan arti kata. Dalam definisi lain di katakan bahwa Morfologi merupakan salah satu cabang ilmu bahasa yang mempelajari seluk-beluk bentuk kata serta fungsiperubahan-perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantik. Contoh: kata Sepeda Motor terdiri dari dua morfem, yaitu morfem Sepeda dan morfem Motor, yang masing-masing merupakan kata.

Kata yang dibentuk dari kata lain pada umumnya mengalami tambahan bentuk pada kata dasarnya. Kata seperti bertiga, ancaman, gerigi, dan berdatangan terdiri atas tiga kata dasar, yaitu tiga, ancam, gigi dan datang yang masing-masing dilengkapi dengan bentuk yang berwujud ber-, -an, -er-, dan ber-an.

Perubahan-perubahan bentuk kata menyebabkan adanya perubahan golongan dan arti kata. Golongan kata Sepeda tidak sama dengan golongan kata bersepeda. Golongan Sepeda merupakan golongan kata nominal, sedangkan kata bersepeda termasuk golongan kata verbal. Kata rumah dan kata jalan termasuk golongan kata nominal, sedangkan kata berumah dan kata berjalan termasuk golongan kata verbal.

Dibidang arti, kata Sepeda, bersepeda, Sepeda-sepeda, dan Sepeda Motor, semuanya mempunyai arti yang berbeda-beda. Demikian pula kata Rumah, berumah, perumahan, rumah-rumahan, rumah-rumah, rumah sakit dan kata-kata jalan, berjalan, berjalan-jalan, perjalanan, menjalani, menjalankan dan jalan raya.
Perbedaan golongan dan arti kata-kata tersebut tidak lain disebabkan oleh perubahan bentuk kata. Karena itu, maka morfologi disamping bidangnya yang utama menyelidiki seluk-beluk kata, juga menyelidiki kemungkinan adanya perubahan golongan dan arti kata yang timbul sebagai akibat perubahan bentuk kata.

Tiga macam proses morfologis, yaitu pertama, bergabungnya morfem bebas dengan morfem terikat disebut afiksasi. Kedua, Pengulangan morfem bebas disebut reduplikasi, dan ketiga, bergabungnya morfem bebas dengan morfem bebas disebut pemajemukan. Pada proses yang pertama menghasilkan kata berimbuhan, yang kedua menghasilkan kata ulang, dan yang ketiga menghasilkan kata majemuk.

Pada umumnya imbuhan (afiks) hanya dikenal ada empat, yaitu awalan (prefiks), sisipan (infiks), akhiran (sufiks), awalan dan akhiran (konfiks). Dalam sumber lain disebutkan bahwa imbuhan (afiks) itu ada sembilan, yaitu prefiks, infiks, sufiks, simulfiks, konfiks, superfiks, interfiks, transfiks, dan kombinasi afiks.

Macam-Macam Imbuhan (Afiks)

  1. Awalan (prefiks/ prefix)
    Awalan (prefiks / prefix) adalah imbuhan yang terletak di awal kata. Proses awalan (prefiks) ini di sebut prefiksasi (prefixation). Berdasarkan dan pertumbuhan bahasa yang terjadi, maka awalan dalam bahasa indonesia dibagi menjadi dua macam, yaitu imbuhan asli dan imbuhan serapan, baik dari bahasa daerah maupun dari bahasa asing.  Awalan terdiri dari me, di, ke, ter, pe, per, se, ber, dan dijelaskan dalam contoh.
    Awalan me- pada sebuah kata dasar berfungsi untuk membentuk kata kerja aktif. Awalan pe- pada suatu kata dasar dapat berfungsi menjadi kata benda. Perubahan awalan me- menjadi meng-, pe- menjadi peng- terjadi jika kata dasar yang mengawali memiliki bunyi: /a/, /e/, /g/, /h/,/i/, /u/, /o/, /k/

    Contoh: ambil – mengambil, hancur – penghancur

    Perubahan awalan me- menjadi men-, pe- menjadi pen- terjadi jika kata dasar yang mengawali memiliki bunyi: /c/, /d/, /j/

    Contoh: coba – mencoba, dorong – pendorong

    Perubahan awalan me- menjadi mem-, pe- menjadi pem- terjadi jika kata dasar yang mengawali memiliki bunyi: /b/, /f/, /v/

    Contoh: beli – membeli, pembeli

    Perubahan awalan me menjadi meny-, pe- menjadi peny- terjadi jika kata dasar yang mengawali memiliki bunyi: /s/

    Contoh: siksa – menyiksa, penyiksa

    Kata dasar yang memiliki bunyi /p/, /t/, /k/ diubah menjadi /m/ dan /n/

    Contoh: pakai – memakai, pemakai

    Kata dasar yang tidak mengalami perubahan bunyi awalan adalah: /l/, /m/, /n/, /r/.

    Contoh: lamar – melamar, pelamar

    Awalan ber- dan per- berfungsi membentuk kata kerja aktif.
    Untuk kata dasar yang diawali dengan r, maka awalan ber- menjadi be-, per- menjadi pe-.

    Contoh: Renang – berenang, perenang

    Awalan di- dan ter- berfungsi membentuk kata kerja dan membawa arti yang pasif. Penempatan obyek di depan sebagai subyek dalam kalimat dan pemindahan pelaku menjadi obyek dalam kalimat dapat diterapkan untuk kedua awalan ini.

    Contoh: Kotoran itu diinjak oleh temanku. (membawa arti pasif)

    Kotoran itu terinjak oleh temanku. (membawa arti pasif)
    Awalan se- berfungsi untuk membentuk kata benda.

    Contoh: Ikat – seikat, Indah – seindah

    Awalan ke- berfungsi membentuk kata kerja intransitif ( tidak membutuhkan obyek).

    Contoh: Luar – keluar (Ia sedang keluar .)

    Dalam – kedalam (Mereka sedang kedalam.)

  2. Akhiran (sufiks/ sufix)
    Akhiran (sufiks/ sufix) adalah imbuhan yang terletak di akhir kata. Dalam proses pembentukan kata ini tidak pernah mengalami perubahan bentuk. Proses pembentukannya di sebut safiksasi (suffixation). Akhiran terdiri dari kan, an, i, nya, man, wati, wan, asi, isme, in, wi, dan lainnya dalam contoh.

    Contoh: -an + pikir→pikiran, -in + hadir→hadirin, -wan + karya→karyawan, -wati+karya→kryawati, -wi+ manusia→manusiawi. Semua akhiran ini di sebut sebagai akhiran untuk kata benda.

    Sedangkan akhiran yang berupa kata sifat, seperti: -if→aktif, sportif. -ik→magnetik, elektronik. -is→praktis, anarkis. -er→komplementer, parlementer. -wi→manusiawi, surgawi, duniwi.

    Kadang-kadang akhiran yang berupa kata sifat, ada yang berasal dari bahasa inggris dan ada yang berasal dari bahasa arab. Contoh: -al→formal, nasional. -iah→alamiah, batiniah. -i→abadi, alami, hewani, rohani. -nya→melihatnya, mendengarnya, mengalaminya. -in→muslimin, mu’minin. -at→muslimat, mu’minat. -us→politikus. -or→koruptor. -if→produktif, sportif. Untuk lebih lengkap, simak selanjutnya.

  3. Sisipan (infiks /infix)
    Sisipan (infiks/ infix) adalah imbuhan yang terletak di dalam kata. Jenis imbuhan ini tidak produktif, artinya pemakaiannya terbatas hanya pada kata-kata tertentu. Jadi hampir tidak mengalami pertambahan secara umum. Sisipan terletak pada suku pertama kata dasarnya, yang memisahkan konsonan pertama dengan vokal pertama suku tersebut. Prosesnya imbuhan kata tersebut di sebut infixation. Imbuhan yang berupa sisipan seperti: -er-, -el-, -em- dan -in.

Sisipan ( infiks/ infix) dapat mempunyai makna, antara lain:

  1. Menyatakan banyak dan bermacam-macam. Contohnya: tali→ temali, artinya terdapat bermacam-macam tali. gigi→gerigi, artinya terdapat bermacam gigi. sabut→serabut, artinya terdapat bermacam-macam sabut. kelut→kemelut, gunung→gemunung, artinya terdapat bermacam-macam gunung.
  2. Menyatakan intensitas frekuentif, artinya menyatakan banyaknya waktu. Contoh: getar→gemetar, artinya menunjukan banyaknya waktu getar atau gerak suatu benda. guruh→gemuruh, artinya menunjukan banyaknya waktu guruh. gertak→gemertak, artinya menujukan banyaknya waktu bunyi gertak. cicit→cericit, artinya menujukan banyaknya waktu bunyi cicit.
  3. Menyatakan sesuatu yang mempunyai sifat seperti yang di sebut pada kata dasarnya. Contoh: kata kerja→kinerja, artinya sesuatu yang mempunyai sifat sama dengan kerja atau sesuatu sifat kegigihan. kuning→kemuning, artinya sesuatu yang mempunyai sifat sama dengan warna kuning. gilang→gemilang, artinya sesuatu yang mempunyai sifat sama dengan cerah. turun→temurun, artinya sesuatu yang mempunyai sifat terus-menerus. tunjuk→telunjuk, artinya sesuatu yang mempunyai sifat seperti tunjuk.

Ada juga sisipan (infiks) yang di pengaruhi oleh bahasa jawa. Contoh: kata kesinambungan, yang merupakan kata dasar dari kata sinambung yang di sebut kata dasar sekunder. Sedangkan kata dasar primernya sambung mendapat sisipan –in- yang artinya menyatakan sifat terus-menerus. Sama halnya dengan istilah yang terdapat dalam bidang ekonomi, dalam proses imbuhan kata dasar juga terdapat istilah yang sama, tetapi mempunyai makna yang berbeda. Istilah itu adalah kata dasar primer, kata dasar sekunder, dan kata dasar tersier.

Demikian sedikit pengenalan mengenai awalan, akhiran dan sisipan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

740 thoughts on “Mengenal Awalan Akhiran dan Sisipan dalam Bahasa Indonesia

  1. Pingback: molnupiravir india
  2. Pingback: olumiant 1mg
  3. Pingback: mulnopiravir
  4. Pingback: 20 mg tamoxifen
  5. Pingback: 8mg tizanidine
  6. Pingback: tizanidine cost
  7. Pingback: do-posle-psihologa
  8. Pingback: DPTPtNqS
  9. Pingback: qQ8KZZE6
  10. Pingback: D6tuzANh
  11. Pingback: SHKALA TONOV
  12. Pingback: chelovek-iz-90-h
  13. Pingback: 3Hk12Bl
  14. Pingback: 3NOZC44
  15. Pingback: 01211
  16. Pingback: tor-lyubov-i-grom
  17. Pingback: film-tor-2022
  18. Pingback: hd-tor-2022
  19. Pingback: hdorg2.ru
  20. Pingback: JXNhGmmt
  21. Pingback: Psikholog
  22. Pingback: netstate.ru
  23. Pingback: Link
  24. Pingback: psy
  25. Pingback: bit.ly
  26. Pingback: cleantalkorg2.ru
  27. Pingback: bucha killings
  28. Pingback: War in Ukraine
  29. Pingback: Ukraine
  30. Pingback: site
  31. Pingback: stats
  32. Pingback: Ukraine-war
  33. Pingback: movies
  34. Pingback: gidonline
  35. Pingback: web
  36. Pingback: film.8filmov.ru
  37. Pingback: video
  38. Pingback: film
  39. Pingback: filmgoda.ru
  40. Pingback: rodnoe-kino-ru
  41. Pingback: stat.netstate.ru
  42. Pingback: sY5am
  43. Pingback: Dom drakona
  44. Pingback: JGXldbkj
  45. Pingback: aOuSjapt
  46. Pingback: ìûøëåíèå
  47. Pingback: psikholog moskva
  48. Pingback: Usik Dzhoshua 2
  49. Pingback: Dim Drakona 2022
  50. Pingback: TwnE4zl6
  51. Pingback: psy 3CtwvjS
  52. Pingback: lalochesia
  53. Pingback: film onlinee
  54. Pingback: 3qAIwwN
  55. Pingback: mgfmail
  56. Pingback: video-2
  57. Pingback: sezons.store
  58. Pingback: psy-news.ru
  59. Pingback: 000-1
  60. Pingback: 3SoTS32
  61. Pingback: 3DGofO7
  62. Pingback: rftrip.ru
  63. Pingback: dolpsy.ru
  64. Pingback: kin0shki.ru
  65. Pingback: 3o9cpydyue4s8.ru
  66. Pingback: mb588.ru
  67. Pingback: newsukraine.ru
  68. Pingback: edu-design.ru
  69. Pingback: tftl.ru
  70. Pingback: brutv
  71. Pingback: site 2023
  72. Pingback: sitestats01
  73. Pingback: 1c789.ru
  74. Pingback: cttdu.ru
  75. Pingback: 1703
  76. Pingback: hdserial2023.ru
  77. Pingback: serialhd2023.ru
  78. Pingback: matchonline2022.ru
  79. Pingback: bit.ly/3OEzOZR
  80. Pingback: bit.ly/3gGFqGq
  81. Pingback: bit.ly/3ARFdXA
  82. Pingback: bit.ly/3ig2UT5
  83. Pingback: bit.ly/3GQNK0J
  84. Pingback: bep5w0Df
  85. Pingback: www
  86. Pingback: icf
  87. Pingback: 24hours-news
  88. Pingback: rusnewsweek
  89. Pingback: uluro-ado
  90. Pingback: madridbet
  91. Pingback: irannews.ru
  92. Pingback: klondayk2022
  93. Pingback: tqmFEB3B
  94. Pingback: madridbet
  95. Pingback: meritking
  96. Pingback: sex
  97. Pingback: Reba Fleurantin
  98. Pingback: fuvk google
  99. Pingback: fuck google
  100. Pingback: madridbet
  101. Pingback: mangalib
  102. Pingback: MILF City
  103. Pingback: buy-domains
  104. Pingback: Homework Help
  105. Pingback: calendula oil
  106. Pingback: x
  107. Pingback: 9xflix
  108. Pingback: xnxx
  109. Pingback: 123movies
  110. Pingback: Click Here
  111. Pingback: Click Here
  112. Pingback: Click Here
  113. Pingback: Click Here
  114. Pingback: Click Here
  115. Pingback: Click Here
  116. Pingback: Click Here
  117. Pingback: Click Here
  118. Pingback: Click Here
  119. Pingback: Click Here
  120. Pingback: Click Here
  121. Pingback: Click Here
  122. Pingback: Click Here
  123. Pingback: Click Here
  124. Pingback: Click Here
  125. Pingback: Click Here
  126. Pingback: Click Here
  127. Pingback: Click Here
  128. Pingback: Click Here
  129. Pingback: Click Here
  130. Pingback: Click Here
  131. Pingback: Click Here
  132. Pingback: Click Here
  133. Pingback: Click Here
  134. Pingback: Click Here
  135. Pingback: Space ROS
  136. Pingback: spaceros
  137. Pingback: Click Here
  138. Pingback: Click Here
  139. Pingback: Click Here
  140. Pingback: Click Here
  141. Pingback: Click Here
  142. Pingback: Click Here
  143. Pingback: Click Here
  144. Pingback: Click Here
  145. Pingback: Click Here
  146. Pingback: Click Here
  147. Pingback: Click Here
  148. Pingback: Click Here
  149. Pingback: Click Here
  150. Pingback: Click Here
  151. Pingback: Click Here
  152. Pingback: Click Here
  153. Pingback: Click Here
  154. Pingback: Click Here
  155. Pingback: Click Here
  156. Pingback: Click Here
  157. Pingback: Click Here
  158. Pingback: Click Here
  159. Pingback: Click Here
  160. Pingback: Click Here
  161. Pingback: Click Here
  162. Pingback: Click Here
  163. Pingback: Click Here
  164. Pingback: Click Here
  165. Pingback: Click Here
  166. Pingback: Click Here
  167. Pingback: Click Here
  168. Pingback: Click Here
  169. Pingback: Click Here
  170. Pingback: Click Here
  171. Pingback: Click Here
  172. Pingback: Click Here
  173. Pingback: Click Here
  174. Pingback: Click Here
  175. Pingback: Click Here
  176. Pingback: Click Here
  177. Pingback: Click Here
  178. Pingback: Click Here
  179. Pingback: Click Here
  180. Pingback: Click Here
  181. Pingback: Click Here
  182. Pingback: Click Here
  183. Pingback: kinokrad
  184. Pingback: batmanapollo
  185. Pingback: business blogs
  186. Pingback: free rent ads
  187. Pingback: top startup books
  188. Pingback: madridbet
  189. Pingback: Google reviews
  190. Pingback: vsovezdeisrazu
  191. Pingback: 2023 Books
  192. Pingback: 2023
  193. Pingback: rip
  194. Pingback: family member
  195. Pingback: funeral director
  196. Pingback: funeral directory
  197. Pingback: IRA Empire
  198. Pingback: levitra
  199. Pingback: ipsychologos
  200. Pingback: yug-grib.ru
  201. Pingback: studio-tatuage.ru
  202. Pingback: bose earbuds
  203. Pingback: NCNU
  204. Pingback: meritking giriş
  205. Pingback: madridbet
  206. Pingback: madridbet
  207. Pingback: meritking
  208. Pingback: video.vipspark.ru
  209. Pingback: vitaliy-abdulov.ru
  210. Pingback: psychophysics.ru
  211. Pingback: Admissions process
  212. Pingback: grandpashabet
  213. Pingback: meritking
  214. Pingback: meritking
  215. Pingback: madridbet
  216. Pingback: grandpashabet
  217. Pingback: meritking
  218. Pingback: Political science
  219. Pingback: fue
  220. Pingback: meritking
  221. Pingback: meritking
  222. Pingback: grandpashabet
  223. Pingback: meritking
  224. Pingback: grandpashabet
  225. Pingback: porn
  226. Pingback: FiverrEarn
  227. Pingback: cage de mma
  228. Pingback: glucotrust
  229. Pingback: Fiverr Earn
  230. Pingback: Fiverr Earn
  231. Pingback: Fiverr Earn
  232. Pingback: Fiverr Earn
  233. Pingback: Fiverr Earn
  234. Pingback: di più
  235. Pingback: fiverrearn.com
  236. Pingback: fiverrearn.com
  237. Pingback: fiverrearn.com
  238. Pingback: fiverrearn.com
  239. Pingback: fiverrearn.com
  240. Pingback: fiverrearn.com
  241. Pingback: fiverrearn.com
  242. Pingback: fiverrearn.com
  243. Pingback: fiverrearn.com
  244. Pingback: 3pl Broker
  245. Pingback: redboost mediprime
  246. Pingback: fabricante de ropa
  247. Pingback: clima de hoy
  248. Pingback: fiverrearn.com
  249. Pingback: fiverrearn.com
  250. Pingback: fiverrearn.com
  251. Pingback: fiverrearn.com
  252. Pingback: fiverrearn.com
  253. Pingback: frenchie san diego
  254. Pingback: seo in Canada
  255. Pingback: ooohd3.ru
  256. Pingback: sitemap
  257. Pingback: blogging
  258. Pingback: tom kings kennel
  259. Pingback: crypto news
  260. Pingback: fbofficial.ru
  261. Pingback: i.8ua.ru
  262. Pingback: porn
  263. Pingback: phone repair
  264. Pingback: 18k gold plated
  265. Pingback: future university
  266. Pingback: future university
  267. Pingback: future university
  268. Pingback: LORDFILM
  269. Pingback: kin
  270. Pingback: more
  271. Pingback: Fiverr.Com
  272. Pingback: 9999
  273. Pingback: batmanapolloru
  274. Pingback: lean six sigma
  275. Pingback: Warranty
  276. Pingback: FUE
  277. Pingback: FUE
  278. Pingback: FUE
  279. Pingback: batmanapollo.ru
  280. Pingback: 777
  281. Pingback: wlw.su
  282. Pingback: vxi.su
  283. Pingback: FiverrEarn
  284. Pingback: nlpvip.ru
  285. Pingback: Fiverr
  286. Pingback: manipulyation
  287. Pingback: Speaker
  288. Pingback: pupuk organik
  289. Pingback: partners
  290. Pingback: keravita
  291. Pingback: ikaria juice
  292. Pingback: neurorise
  293. Pingback: Sport analysis
  294. Pingback: FiverrEarn
  295. Pingback: FiverrEarn
  296. Pingback: FiverrEarn
  297. Pingback: FiverrEarn
  298. Pingback: FiverrEarn
  299. Pingback: FiverrEarn
  300. Pingback: FiverrEarn
  301. Pingback: FiverrEarn
  302. Pingback: FiverrEarn
  303. Pingback: FiverrEarn
  304. Pingback: 354
  305. Pingback: FiverrEarn
  306. Pingback: FiverrEarn
  307. Pingback: FiverrEarn
  308. Pingback: FiverrEarn
  309. Pingback: FiverrEarn
  310. Pingback: FiverrEarn
  311. Pingback: FiverrEarn
  312. Pingback: FiverrEarn
  313. Pingback: FiverrEarn
  314. Pingback: FiverrEarn
  315. Pingback: FiverrEarn
  316. Pingback: FiverrEarn
  317. Pingback: FiverrEarn
  318. Pingback: Milk
  319. Pingback: solar
  320. Pingback: web design
  321. Pingback: Slot Gacor
  322. Pingback: FiverrEarn
  323. Pingback: FiverrEarn
  324. Pingback: FiverrEarn
  325. Pingback: FiverrEarn
  326. Pingback: kiino4k.ru
  327. Pingback: depresiya
  328. Pingback: new 2024
  329. Pingback: lasix furosemide
  330. Pingback: film2024
  331. Pingback: cenforce 100
  332. Pingback: 000
  333. Pingback: samorazvitiepsi
  334. Pingback: sumatra tonic scam
  335. Pingback: cheap sex cams
  336. Pingback: buy albuterol
  337. Pingback: stromectol 3mg
  338. Pingback: child porn
  339. Pingback: child porn
  340. Pingback: fullersears.com
  341. Pingback: testosterone 1.62
  342. Pingback: fullersears.com
  343. Pingback: tadalista ct
  344. Pingback: vardenafil
  345. Pingback: tadalista 10
  346. Pingback: canine probiotics
  347. Pingback: french bulldog buy
  348. Pingback: androgel cost
  349. Pingback: buy revatio online
  350. Pingback: live sex cams
  351. Pingback: live sex cams
  352. Pingback: revia medication
  353. Pingback: freeze dried
  354. Pingback: frt trigger
  355. Pingback: grandpashabet
  356. Pingback: Despacho contable
  357. Pingback: 늑대닷컴
  358. Pingback: Judi slot online
  359. Pingback: One Peace AMV
  360. Pingback: One Peace AMV
  361. Pingback: nangs sydney
  362. Pingback: superslot
  363. Pingback: allgame
  364. Pingback: 918kiss
  365. Pingback: หวย24
  366. Pingback: Face Moisturizer
  367. Pingback: pg slot
  368. Pingback: child porn
  369. Pingback: regles 421
  370. Pingback: cybersécurité
  371. Pingback: Dating Classes
  372. Pingback: Anonim
  373. Pingback: cratosroyalbet
  374. Pingback: megagame
  375. Pingback: electronic visa
  376. Pingback: 6.5 grendel ammo
  377. Pingback: 35 whelen ammo
  378. Pingback: weight loss
  379. Pingback: 44-40 ammo
  380. Pingback: priligy dapoxetine
  381. Pingback: itsMasum.Com
  382. Pingback: itsMasum.Com
  383. Pingback: itsMasum.Com
  384. Pingback: nangs Sydney
  385. Pingback: spisok
  386. Pingback: itsmasum.com
  387. Pingback: itsmasum.com
  388. Pingback: prank hotline
  389. Pingback: chat free
  390. Pingback: kamagra what is it
  391. Pingback: itsmasum.com
  392. Pingback: itsmasum.com
  393. Pingback: itsmasum.com
  394. Pingback: child porn
  395. Pingback: stromectol coupon
  396. Pingback: vidalista 20 mg
  397. Pingback: list
  398. Pingback: vidalista black 80
  399. Pingback: generic priligy
  400. Pingback: brand Cenforce
  401. Pingback: child porn
  402. Pingback: joker gaming
  403. Pingback: expertini
  404. Pingback: dublin jobs
  405. Pingback: toronto jobs
  406. Pingback: chicago job search
  407. Pingback: clomid for women
  408. Pingback: clomid cost
  409. Pingback: priligy tablets
  410. Pingback: priligy 60 mg

Comments are closed.