Peran Editor dan Bahasa Indonesia

Bagi sebagian orang, menulis bukanlah hal yang mudah. Mungkin di antara pembaca pernah mengalaminya sendiri berapa kali Anda harus mencoret atau mengganti, bahkan menulis ulang. Tanpa disadari, sebetulnya pada saat itu Anda sedang memulai mengedit naskah Anda sendiri karena merasa tulisannya belum sempurna dan masih harus diperbaiki di sana sini. Sebenarnya setiap penulis adalah juga seorang editor, terutama untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, dalam dunia editing dikenal istilah swsunting. Sebelum karyanya dikirimkan ke penerbit, penulis harus membaca terlebih dahulu sehingga dapat meminimalkan kesalahan, terutama salah tik.

Kesalahan mengetik dalam juidakseriusamlah banyak menunjukkan kecerobohan dan ketidakseriusan penulis dalam menulis karyanya. Para penulis akan merasa puas jika tulisannya sudah sempurna, baik dari segi isi, bahasa, maupun alur ceritanya. Bukan berarti pula naskah yang sudah swasunting akan langsung dan pasti diterima oleh penerbit. Masih banyak aspek lain yang harus dipertimbangkan oleh penerbit, dalam hal ini editor yang tugasnya mempertimbangkan naskah.

Peran seorang editor akan terus diperlukan selama karya tulis itu ada. Tidak ada seorang penulis pun yang hasil karyanya seratus persen benar atau sempurna meskipun sudah melakukan swasunting. Seorang penulis yang sekaligus editor pun, tetap hasil karyanya harus dibaca dan diedit terlebih dahulu oleh seorang editor. Secara profesional seorang penulis bukanlah seorang editor. Begitu juga sebaliknya, seorang editor bukanlah seorang penulis. Maksudnya secara profesional masing-masing memiliki tugasnya sendiri-sendiri. Penulis harus rela naskahnya dicoret-coret oleh editor. Editor pun harus profesional memperbaiki naskah seorang penulis.

Kesalahan yang paling banyak ditemukan biasanya kesalahan ejaan, yang menyangkut tanda baca, penulisan huruf kapital, penulisan huruf miring, huruf tebal, dan lain-lain, bahkan belum termasuk isi materinya. Oleh karena itu, mengapa pengeditan sangat diperlukan? Tentu  saja agar tulisan atau naskah menjadi lebih jelas, menarik, lebih mudah dipahami, dan lebih mudah dimaknai.

Peran editor sangat besar bagi penulis. Editor adalah rekan penulis dalam mewujudkan keinginannya dalam menerbitkan buku. Berikut beberapa peran editor di sebuah penerbit, yaitu.

  1. Editor membantu penulis agar karyanya layak terbit dan layak baca.
  2. Editor membantu penulis, terutama dalam hal kebahasaan, seperti ejaan, tata bahasa, pilihan kata, tanda baca, dan lain-lain.
  3. Editor membantu penulis dalam menghasilkan karya yang berkualitas agar tulisan memiliki kohesi dan koherensi yang tepat, baik antarkalimat maupun antarparagraf. Bahkan, antarsubbab, judul, dan lain-lain.
  4. Editor harus dapat meluruskan gagasan yang kurang tepat dan membicarakan atau mendiskusikannya terlebih dahulu dengan penulis.
  5. Editor harus dapat membuat naskah yang dieditnya bersih dari kesalahan sehingga menjadi lebih sistematis, mudah dibaca, mudah dipahami, dan mudah dimaknai.
  6. Editor harus mampu menjembatani antara penulis dan penerbit. Jadi, mampu membedakan antara kepentingan bisnis dan kepentingan intelektual.

Dengan begitu peran editor sangat penting dalam sebuah penerbitan, bahkan tidak kalah penting dengan penulis yang memang memiliki gagasan. Editor diharapkan mampu mengembangkan dan meluruskan gagasan para penulis. Walaupun perannya yang besar sering tidak terdengar karena selalu berada di balik layar. Ketika naskah yang dieditnya masuk jajaran best seller, namanya kerap tidak ikut naik daun. Akan tetapi, jika naskah yang dieditnya salah, editorlah yang paling banyak dan disalahkan, bahkan harus dapat mempertanggungjawabkan kekeliruannya. Buku-buku bagus hasil karya para penulis, tidak akan sebagus dan seindah tulisan  asliny, tanpa sentuhan tangan-tangan dingin para editor.

Peran penting editor sebenarnya tidak hanya sebatas pada aspek kebahasaan, tetapi peran lainnya yang juga takkalah pentingnya adalah masalah komunikasi. Editor yang baik tentu saja dia harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan para penulis. Menghasilkan buku yang baik dan mapu bersaing dengan buku-buku berkualitas dari penerbit lain, seorang editor harus senantiasa berdiskusi dengan para penulis dalam berbagai hal, termasuk hal-hal yang kecil sekalipun. Setiap penulis memiliki gaya penulisan yang khas. Begitu pula editor yang kadang gaya menulis seorang editor belum tentu sesuai dengan gaya penulis. Ketika menghadapi hal seperti itu, tentu saja seorang editor harus dapat bersikap bijak. Tidak perlu ia menyalahkan penulis dan memaksakan kehendak dan pendapatnya selama itu tidak mengganggu keterbacaan dan tidak menyalahi aturan kebahasaan. Permasalahan seperti itu sering sering terjadi antara penulis dan editor. Namun, editor yang baik pasti akan mampu memberikan pengertian dan pemahaman yang benar kepada penulis dengan modal kemampuan berkomunikasi yang memadai.

 

Peran Penting Bahasa Indonesia dalam Dunia Editologi

Bahasa Indonesia memiliki peran sangat penting dalam kehidupan manusia. Salah satu fungsi bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi, menunjukan peran bahasa Indonesia tidak bisa diremehkan. Bukan hanya oleh penutur sehari-hari dalam masyarakat, juga bagi kalangan akademisi, seperti pelajar, mahasiswa,, dan pendidik, juga bagi orang-orang yang terjun langsung dalam dunia perbukuan seperti penulis, pengarang, dan editor. Kalau kita perhatikan masih banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh para pengguna bahasa. Bahkan, oleh orang yang mengaku berbahasa nasional bahasa Indonesia dan mahasiswa jurusan bahasa Indonesia sekalipun.

Kurangnya pemahaman terhadap pentingnya bahasa Indonesia bagi para editor, terbukti dari masih banyaknya penerbit yang merasa tidak memerlukan editor dalam mengeksekusi sebuah naskah sebelum naskah mentah  dari penulis itu siap diterbitkan. Banyak penerbit yang masih mengandalkan pengeditan tersebut sepenuhnya kepada penulis. Padahal, tidak semua penulis mengerti dan paham betul dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Alasan mereka tidak mau menggunakan jasa editor karena dianggap pemborosan. Padahal, salah satu kualitas sebuah penerbit dapat dilihat dari kualitas produk yang dihasilkannya. Salah satunya yaitu, konten dan bahasanya. Penggunaan bahasa pada buku itu akan menentukan siapa sasaran pembacanya. Pembaca kelas menengah ke atas, kaum terpelajar, dan para akademisi biasanya jauh lebih besar perhatiannya terhadap kualitas bahasa pada buku yang dibacanya.

Sumber:

Eli Syarifah Aeni, M.Hum. (2016). Edit-Linguistik Mahir menyunting Naskah. Bandung:Media Cendekia Muslim.

350 thoughts on “Peran Editor dan Bahasa Indonesia

  1. Pingback: 2 week keto diet
  2. Pingback: Arie Baisch
  3. Pingback: Leandro Farland
  4. Pingback: domain-portfolio
  5. Pingback: valentine pillow
  6. Pingback: Click Here
  7. Pingback: Click Here
  8. Pingback: Click Here
  9. Pingback: Click Here
  10. Pingback: Click Here
  11. Pingback: Click Here
  12. Pingback: Click Here
  13. Pingback: Click Here
  14. Pingback: Click Here
  15. Pingback: Click Here
  16. Pingback: Click Here
  17. Pingback: Click Here
  18. Pingback: Click Here
  19. Pingback: Click Here
  20. Pingback: Click Here
  21. Pingback: Click Here
  22. Pingback: Click Here
  23. Pingback: Click Here
  24. Pingback: Click Here
  25. Pingback: Click Here
  26. Pingback: Click Here
  27. Pingback: moveit studio
  28. Pingback: moveit studio
  29. Pingback: Click Here
  30. Pingback: Click Here
  31. Pingback: Click Here
  32. Pingback: Click Here
  33. Pingback: Click Here
  34. Pingback: Click Here
  35. Pingback: Click Here
  36. Pingback: Click Here
  37. Pingback: Click Here
  38. Pingback: Click Here
  39. Pingback: Click Here
  40. Pingback: Click Here
  41. Pingback: Click Here
  42. Pingback: Click Here
  43. Pingback: Click Here
  44. Pingback: Click Here
  45. Pingback: Click Here
  46. Pingback: Click Here
  47. Pingback: Click Here
  48. Pingback: Click Here
  49. Pingback: Click Here
  50. Pingback: Click Here
  51. Pingback: Click Here
  52. Pingback: Click Here
  53. Pingback: Click Here
  54. Pingback: Click Here
  55. Pingback: Click Here
  56. Pingback: Click Here
  57. Pingback: Click Here
  58. Pingback: Click Here
  59. Pingback: Click Here
  60. Pingback: Click Here
  61. Pingback: Click Here
  62. Pingback: Click Here
  63. Pingback: Click Here
  64. Pingback: Click Here
  65. Pingback: Click Here
  66. Pingback: Click Here
  67. Pingback: Click Here
  68. Pingback: Click Here
  69. Pingback: Click Here
  70. Pingback: Click Here
  71. Pingback: Click Here
  72. Pingback: Click Here
  73. Pingback: Google reviews
  74. Pingback: 2023 Books
  75. Pingback: burial
  76. Pingback: find a grave
  77. Pingback: Student life
  78. Pingback: fue
  79. Pingback: Lecture Halls
  80. Pingback: Dental Courses
  81. Pingback: oral medicine
  82. Pingback: fue
  83. Pingback: fue
  84. Pingback: System Analysts
  85. Pingback: SEOSolutionVIP
  86. Pingback: led lineari
  87. Pingback: pull-up.
  88. Pingback: Fiverr Earn
  89. Pingback: Fiverr Earn
  90. Pingback: Fiverr Earn
  91. Pingback: fiverrearn.com
  92. Pingback: fiverrearn.com
  93. Pingback: weather
  94. Pingback: fiverrearn.com
  95. Pingback: fiverrearn.com
  96. Pingback: fiverrearn.com
  97. Pingback: frenchton
  98. Pingback: jute rugs
  99. Pingback: micro frenchies
  100. Pingback: wix
  101. Pingback: Fiverr.Com
  102. Pingback: Fiverr.Com
  103. Pingback: frenchies texas
  104. Pingback: fue
  105. Pingback: Warranty
  106. Pingback: FUE
  107. Pingback: FUE
  108. Pingback: FUE
  109. Pingback: FUE
  110. Pingback: FUE
  111. Pingback: FUE
  112. Pingback: Reliable movers
  113. Pingback: Safe moving
  114. Pingback: FiverrEarn
  115. Pingback: FiverrEarn
  116. Pingback: FiverrEarn
  117. Pingback: Speaker
  118. Pingback: FiverrEarn
  119. Pingback: FiverrEarn
  120. Pingback: FiverrEarn
  121. Pingback: FiverrEarn
  122. Pingback: FiverrEarn
  123. Pingback: FiverrEarn
  124. Pingback: FiverrEarn
  125. Pingback: pupuk terbaik
  126. Pingback: pupuk anorganik
  127. Pingback: partners
  128. Pingback: Econometrics
  129. Pingback: fort bite
  130. Pingback: ultra k9 pro
  131. Pingback: Football
  132. Pingback: FiverrEarn
  133. Pingback: FiverrEarn
  134. Pingback: FiverrEarn
  135. Pingback: FiverrEarn
  136. Pingback: FiverrEarn
  137. Pingback: FiverrEarn
  138. Pingback: FiverrEarn
  139. Pingback: FiverrEarn
  140. Pingback: FiverrEarn
  141. Pingback: FiverrEarn
  142. Pingback: FiverrEarn
  143. Pingback: FiverrEarn
  144. Pingback: FiverrEarn
  145. Pingback: FiverrEarn
  146. Pingback: FiverrEarn
  147. Pingback: FiverrEarn
  148. Pingback: FiverrEarn
  149. Pingback: FiverrEarn
  150. Pingback: FiverrEarn
  151. Pingback: FiverrEarn
  152. Pingback: FiverrEarn
  153. Pingback: FiverrEarn
  154. Pingback: FiverrEarn
  155. Pingback: FiverrEarn
  156. Pingback: Bilona
  157. Pingback: dictionary
  158. Pingback: education
  159. Pingback: Slot Online
  160. Pingback: Kuliah Termurah
  161. Pingback: FiverrEarn
  162. Pingback: FiverrEarn
  163. Pingback: FiverrEarn
  164. Pingback: FiverrEarn
  165. Pingback: FiverrEarn
  166. Pingback: puravive scam
  167. Pingback: cheap sex cams
  168. Pingback: fullersears.com
  169. Pingback: fullersears.com
  170. Pingback: fullersears.com
  171. Pingback: dog probiotics
  172. Pingback: live sex cams
  173. Pingback: live sex cams
  174. Pingback: live sex cams
  175. Pingback: live sex cams
  176. Pingback: 늑대닷컴
  177. Pingback: One Peace AMV
  178. Pingback: One Peace AMV
  179. Pingback: nangs near me
  180. Pingback: superslot
  181. Pingback: allgame
  182. Pingback: 918kiss
  183. Pingback: หวย24
  184. Pingback: pg slot
  185. Pingback: cybersécurité
  186. Pingback: Raahe Guide
  187. Pingback: megagame
  188. Pingback: duromine
  189. Pingback: 6.5 prc ammo
  190. Pingback: itsMasum.Com
  191. Pingback: itsMasum.Com
  192. Pingback: itsMasum.Com
  193. Pingback: itsMasum.Com
  194. Pingback: itsMasum.Com
  195. Pingback: itsMasum.Com
  196. Pingback: itsMasum.Com
  197. Pingback: itsMasum.Com
  198. Pingback: Skywhip tanks
  199. Pingback: nangs Sydney
  200. Pingback: link
  201. Pingback: itsmasum.com
  202. Pingback: itsmasum.com
  203. Pingback: meet strangers
  204. Pingback: itsmasum.com
  205. Pingback: joker gaming
  206. Pingback: nairobi jobs

Comments are closed.