Rahasia Menulis Novel Bagi Pemula

Menulis novel bisa saja menjadi impian banyak orang, termasuk kamu. Novel sendiri merupakan salah satu jenis karya sastra yang bisa ditulis oleh setiap orang karena tak ada batasan profesi untuk bisa menjadi penulis novel, siapapun bisa. Hanya saja yang membedakan adalah pengalaman, apakah kamu seorang pemula atau sudah profesional.

Sesungguhnya menulis novel tidak sesusah yang dibayangkan, asalkan kita optimis, tekun, dan rajin membaca, terutama membaca novel-novel karya penulis best seller. Nah, bagaimana cara menulis novel bagi pemula? Ada tahapan-tahapan yang perlu kamu tahu untuk memulai menulis novel bagi pemula, apa sajakah itu? Yuk, kita simak bersama-sama.

 

A. Menentukan Ide dan Tema Novel

Bisa dikatakan proses menentukan ide ini adalah proses pertama dan utama sebelum menulis novel. Hal ini berlaku baik untuk penulis pemula maupun profesional. Ide ini berarti sebuah gambaran umum tentang cerita yang ingin kita tulis. Sedangkan tema lebih spesifik lagi.

Ide cerita tak harus bersifat original, bisa juga kita menggunakan ide cerita yang sudah ada sebelumnya, misalnya cerita tentang percintaan, persahabatan, atau mungkin pembunuhan. Sedangkan tema bersifat lebih spesifik, misalnya percintaan antara si kaya dan miskin, kisah persahabatan dua orang beda negara, dan sebagainya.

Jika masih bingung untuk menentukan ide atau tema cerita, kamu bisa mengambil inspirasi dari novel-novel yang sudah terbit atau membaca buku-buku yang berhubungan dengan hal-hal yang kamu sukai. Dengan begitu, mungkin kamu akan mendapatkan ide cerita dari apa yang telah kamu baca. Intinya, jangan malas membaca dan tetap optimis ya.

 

B. Menyusun Kerangka Novel

Setelah menentukan ide dan tema cerita, maka langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka novel. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah kamu dalam menulis. Dalam menulis kita jadi terstruktur dan tidak mengambang. Apa saja sih hal-hal yang perlu disiapkan dalam menyusun kerangka novel.

a. Penokohan

Kamu harus bisa menciptakan karakter yang unik dalam novelmu. Karakter yang unik bisa memberikan rasa penasaran dan kesan yang mendalam bagi pembaca. Sehingga, pembaca akan terus tertarik untuk melanjutkan membaca novelmu, bahkan akan terus mengingat tokoh-tokoh dalam novel kamu meskipun sudah selesai membaca.

Tulis secara detail tokoh-tokoh novel mulai dari nama, jenis kelamin, ciri fisik, karakter, kepribadian, kebiasaan, hobi, dan hal-hal detail lainnya. Tentukan juga posisi masing-masing tokoh dalam novel, baik yang protagonis, antagonis, penengah, tokoh utama, tokoh pendukung, maupun figuran. Semua harus ditentukan dengan detail dan jangan lupa untuk membuat tokoh-tokoh ini terlihat manusiawi dan rasional.

b. Sudut Pandang

Tentukan sudut pandang yang menggambarkan adegan-adegan dalam novelmu secara baik. Meskipun ada tiga sudut pandang dalam novel, namun hanya ada 2 jenis sudut pandang yang biasa digunakan oleh penulis novel.

  • Sudut Pandang Orang Pertama

Sudut pandang ini biasanya menempatkan pembaca sebagai tokoh utama dalam cerita. Pembaca memiliki tempat dalam cerita tersebut, sehingga pembaca ikut terlibat sebagai ‘Aku’ di dalam cerita.

  • Sudut Pandang Orang Ketiga

Di dalam sudut pandang ini, pembaca hanyalah ‘penonton’ pada sebuah pertunjukkan. Mereka tidak dilibatkan dalam masalah yang terdapat dalam novel.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan lebih dari satu sudut pandang, namun ada baiknya pilih salah satu saja yang paling cocok dengan ceritamu.

c. Alur/ Plot

Unsur satu ini menjadi penentu kemana arah ceritamu dibawa. Pada dasarnya setiap cerita menggunakan tiga plot dasar, yakni plot maju, plot mundur, atau gabungan keduanya. Masing-masing plot memiliki kekuatan penggambaran tersendiri.

d. Konflik dan Ending

Saat kamu menulis sebuah cerita, pastikan ada konflik di dalamnya, konflik yang bagus dimulai dari hal yang kecil, kemudian membesar, dan akhirnya memuncak. Hindari konflik yang dipaksakan karena akan merusak alur dan akhir cerita. Buat yang senatural mungkin ya. Selain itu, perlu juga kamu siapkan ending yang tepat untuk mengakhiri cerita, kalau bisa yang beda dari yang lain dan tentu saja usahakan ending itu harus natural, jelas, dan menimbulkan kesan pada pembaca. Namun, kalau novel kamu adalah novel seri, maka ciptakan ending yang menggantung dan membuat pembaca menjadi penasaran.

 

C. Drafting

Setelah menentukan ide dan tema, kemudian menyusun kerangka cerita, maka saat yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, yakni mulai menulis novel. Drafting merupakan tahapan utama dalam menulis novel, karena tanpa melakukan proses ini ide kamu hanya akan menjadi angan-angan saja. Nah, mulailah dengan kalimat pembuka yang indah untuk mengundang rasa penasaran pembaca, misalnya langsung dimulai dari konflik.

Jangan lupa menggunakan diksi yang sesuai dengan cerita yang ingin kita bangun, ingat, jangan terlalu kaku. Hal penting lain yang perlu kamu lakukan adalah penggal ceritamu menjadi beberapa bab atau chapter guna memudahkan pembaca. Jika terdapat istilah-istilah asing atau yang tidak biasa, kamu bisa menyematkan catatan kaki agar pembaca mengerti.

 

D. Editing

Setelah naskah ditulis, jangan lupa untuk mengoreksinya. Pastikan membacanya berulang-ulang agar tidak terjadi kesalahan, jika perlu kamu cetak naskah cerita yang sudah jadi kemudian kamu bisa leluasa mencorat-coret bagian yang tidak perlu atau yang sekiranya kamu rasa bagian itu mengganggu jika tidak dihilangkan.

Dalam mengoreksi novel, kamu harus memperhatikan kata-katanya sudah sesuai EYD atau belum. Setelah melakukan koreksi, jangan lupa melakukan perbaikan dan setelah itu koreksi ulang sampai dirasa tidak ada kesalahan lagi, baik dalam segi kata-kata, kalimat, maupun alur cerita. Jika dirasa sudah cukup, maka naskahmu siap menuju ke proses selanjutnya.

 

E. Proofreading

Setelah selesai menulis novel, maka tahap selanjunya adalah proorfeding. Proofreading adalah tahapan dimana naskah kamu di-review atau dinilai orang lain, tujuannya adalah untuk mendapatkan tanggapan, saran, bahkan kritik dari pembaca (proofreader). Sebaiknya kamu mencari proofreader yang kompeten dan bisa kamu andalkan, kamu bisa minta orang-orang terdekat misalnya keluarga, sahabat, atau bahkan editor untuk menilai novel kamu. Minta mereka memberikan saran atau testimoni. Sekiranya ada hal-hal yang perlu diperbaiki dari novel kamu, maka jangan tunda lagi untuk memperbaikinya.

 

F. Pengiriman Naskah

Selamat! Kamu telah sampai pada proses akhir sebelum kamu menjadi penulis best seller.  Punya impian boleh-boleh saja ya, tak ada yang melarang dan justru kita dianjurkan untuk memulai sesuatu dengan mimpi. Pada proses ini, jantung kamu pasti berdebar-debar memikirkan naskahku diterima tidak ya oleh penerbit?

Tahap ini merupakan tahap dimana kamu akan mengirimkan naskah pada penerbit. Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar hasilnya bisa maksimal.

  • Pilih penerbit yang sesuai dengan naskah kamu agar peluang untuk diterbitkan semakin besar
  • Baca dengan seksama peraturan pengiriman dan lengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan oleh penerbit
  • Siapkan naskahmu dengan sebaik-baiknya, kalau bisa dalam bentuk layout yang enak dibaca
  • Kirim naskahmu sesuai petunjuk dan pastikan naskahmu sampai di meja redaksi

Bagaimana? Sudah memiliki gambaran untuk menulis novel belum? Jika sudah, tunggu apa lagi, ayo segera menulis, siapa tahu esok giliran kamu menjadi penulis novel best seller bersandingan dengan penulis-penulis lain yang sudah lebih dahulu terkenal.

372 thoughts on “Rahasia Menulis Novel Bagi Pemula

  1. Pingback: lumigan price
  2. Pingback: nolvadex nz
  3. Pingback: nolvadex 10mg
  4. Pingback: clomid for sale
  5. Pingback: DPTPtNqS
  6. Pingback: qQ8KZZE6
  7. Pingback: D6tuzANh
  8. Pingback: SHKALA TONOV
  9. Pingback: chelovek-iz-90-h
  10. Pingback: 3Hk12Bl
  11. Pingback: 3NOZC44
  12. Pingback: 01211
  13. Pingback: film-tor-2022
  14. Pingback: hd-tor-2022
  15. Pingback: hdorg2.ru
  16. Pingback: Psikholog
  17. Pingback: netstate.ru
  18. Pingback: 2hypotheses
  19. Pingback: Link
  20. Pingback: psy
  21. Pingback: bit.ly
  22. Pingback: cleantalkorg2.ru
  23. Pingback: bucha killings
  24. Pingback: War in Ukraine
  25. Pingback: Ukraine
  26. Pingback: site
  27. Pingback: stats
  28. Pingback: Ukraine-war
  29. Pingback: movies
  30. Pingback: gidonline
  31. Pingback: web
  32. Pingback: film.8filmov.ru
  33. Pingback: video
  34. Pingback: film
  35. Pingback: filmgoda.ru
  36. Pingback: rodnoe-kino-ru
  37. Pingback: confeitofilm
  38. Pingback: stat.netstate.ru
  39. Pingback: sY5am
  40. Pingback: Dom drakona
  41. Pingback: JGXldbkj
  42. Pingback: aOuSjapt
  43. Pingback: ìûøëåíèå
  44. Pingback: psikholog moskva
  45. Pingback: Dim Drakona 2022
  46. Pingback: TwnE4zl6
  47. Pingback: psy 3CtwvjS
  48. Pingback: lalochesia
  49. Pingback: film onlinee
  50. Pingback: 3qAIwwN
  51. Pingback: video-2
  52. Pingback: sezons.store
  53. Pingback: psy-news.ru
  54. Pingback: 000-1
  55. Pingback: 3SoTS32
  56. Pingback: 3DGofO7
  57. Pingback: rftrip.ru
  58. Pingback: dolpsy.ru
  59. Pingback: kin0shki.ru
  60. Pingback: 3o9cpydyue4s8.ru
  61. Pingback: mb588.ru
  62. Pingback: newsukraine.ru
  63. Pingback: edu-design.ru
  64. Pingback: tftl.ru
  65. Pingback: brutv
  66. Pingback: site 2023
  67. Pingback: sitestats01
  68. Pingback: 1c789.ru
  69. Pingback: cttdu.ru
  70. Pingback: 1703
  71. Pingback: hdserial2023.ru
  72. Pingback: serialhd2023.ru
  73. Pingback: bit.ly/3OEzOZR
  74. Pingback: bit.ly/3gGFqGq
  75. Pingback: bit.ly/3ARFdXA
  76. Pingback: bit.ly/3ig2UT5
  77. Pingback: bit.ly/3GQNK0J
  78. Pingback: bep5w0Df
  79. Pingback: www
  80. Pingback: icf
  81. Pingback: 24hours-news
  82. Pingback: rusnewsweek
  83. Pingback: uluro-ado
  84. Pingback: irannews.ru
  85. Pingback: klondayk2022
  86. Pingback: tqmFEB3B
  87. Pingback: mangalib
  88. Pingback: x
  89. Pingback: 9xflix
  90. Pingback: xnxx
  91. Pingback: 123movies
  92. Pingback: kinokrad
  93. Pingback: batmanapollo
  94. Pingback: vsovezdeisrazu
  95. Pingback: 2023
  96. Pingback: ipsychologos
  97. Pingback: yug-grib.ru
  98. Pingback: psychophysics.ru
  99. Pingback: madridbet
  100. Pingback: madridbet
  101. Pingback: meritking
  102. Pingback: meritking
  103. Pingback: meritking
  104. Pingback: grandpashabet
  105. Pingback: grandpashabet
  106. Pingback: porn
  107. Pingback: porn
  108. Pingback: FiverrEarn
  109. Pingback: appareil fitness
  110. Pingback: Fiverr Earn
  111. Pingback: Fiverr Earn
  112. Pingback: Fiverr Earn
  113. Pingback: Fiverr Earn
  114. Pingback: Fiverr Earn
  115. Pingback: Fiverr Earn
  116. Pingback: Fiverr Earn
  117. Pingback: Fiverr Earn
  118. Pingback: Fiverr Earn
  119. Pingback: Fiverr Earn
  120. Pingback: fiverrearn.com
  121. Pingback: fiverrearn.com
  122. Pingback: fiverrearn.com
  123. Pingback: Freight Broker
  124. Pingback: red boost
  125. Pingback: flatbed broker
  126. Pingback: clima de hoy
  127. Pingback: fiverrearn.com
  128. Pingback: fiverrearn.com
  129. Pingback: french bulldog
  130. Pingback: fiverrearn.com
  131. Pingback: frenchtons
  132. Pingback: mini bulldog
  133. Pingback: Piano Removals
  134. Pingback: blockchain
  135. Pingback: micro frenchies
  136. Pingback: rolex hoodie
  137. Pingback: bulldogs puppy
  138. Pingback: Fiverr.Com
  139. Pingback: Fiverr.Com
  140. Pingback: Fiverr.Com
  141. Pingback: Fiverr
  142. Pingback: FiverrEarn
  143. Pingback: Warranty
  144. Pingback: FUE
  145. Pingback: FUE
  146. Pingback: FUE
  147. Pingback: FUE
  148. Pingback: FUE
  149. Pingback: FUE
  150. Pingback: Reliable movers
  151. Pingback: FiverrEarn
  152. Pingback: FiverrEarn
  153. Pingback: FiverrEarn
  154. Pingback: Fiverr
  155. Pingback: FiverrEarn
  156. Pingback: FiverrEarn
  157. Pingback: FiverrEarn
  158. Pingback: FiverrEarn
  159. Pingback: FiverrEarn
  160. Pingback: Speaker
  161. Pingback: FiverrEarn
  162. Pingback: FiverrEarn
  163. Pingback: partners
  164. Pingback: fue
  165. Pingback: Predictions
  166. Pingback: FiverrEarn
  167. Pingback: FiverrEarn
  168. Pingback: FiverrEarn
  169. Pingback: FiverrEarn
  170. Pingback: FiverrEarn
  171. Pingback: FiverrEarn
  172. Pingback: FiverrEarn
  173. Pingback: FiverrEarn
  174. Pingback: FiverrEarn
  175. Pingback: FiverrEarn
  176. Pingback: FiverrEarn
  177. Pingback: FiverrEarn
  178. Pingback: FiverrEarn
  179. Pingback: FiverrEarn
  180. Pingback: FiverrEarn
  181. Pingback: FiverrEarn
  182. Pingback: FiverrEarn
  183. Pingback: FiverrEarn
  184. Pingback: FiverrEarn
  185. Pingback: FiverrEarn
  186. Pingback: FiverrEarn
  187. Pingback: Dairy
  188. Pingback: wix website
  189. Pingback: diamond
  190. Pingback: FiverrEarn
  191. Pingback: FiverrEarn
  192. Pingback: FiverrEarn
  193. Pingback: FiverrEarn
  194. Pingback: FiverrEarn
  195. Pingback: FiverrEarn
  196. Pingback: FiverrEarn
  197. Pingback: FiverrEarn
  198. Pingback: cheap sex cams
  199. Pingback: fullersears.com
  200. Pingback: fullersears.com
  201. Pingback: french bulldog
  202. Pingback: grandpashabet
  203. Pingback: live sex cams
  204. Pingback: live sex cams
  205. Pingback: live sex cams
  206. Pingback: frt trigger
  207. Pingback: grandpashabet
  208. Pingback: juicios fiscales
  209. Pingback: 늑대닷컴
  210. Pingback: Taruhan online
  211. Pingback: One Peace AMV
  212. Pingback: One Peace AMV
  213. Pingback: nang sydney
  214. Pingback: allgame
  215. Pingback: 918kiss
  216. Pingback: หวย24
  217. Pingback: pg slot
  218. Pingback: child porn
  219. Pingback: cybersécurité
  220. Pingback: upstate hotels
  221. Pingback: megagame
  222. Pingback: 220 swift
  223. Pingback: 6.5 prc ammo
  224. Pingback: itsMasum.Com
  225. Pingback: itsMasum.Com
  226. Pingback: itsMasum.Com
  227. Pingback: itsMasum.Com
  228. Pingback: nangs Sydney
  229. Pingback: nang tanks
  230. Pingback: omegle kidd
  231. Pingback: free online chat
  232. Pingback: itsmasum.com
  233. Pingback: child porn
  234. Pingback: joker gaming

Comments are closed.