Sering Typo saat Mengetik

Alasan Orang Sering Typo saat Mengetik

Pernahkah Anda mengalami salah ketik atau typo saat sedang mengetik di ponsel atau komputer? Malu? Kesal? Apalagi kalau salah ketik tersebut terjadi pada dokumen penting, sangat mengesalkan!

Fenomena typo sangat lumrah terjadi dan tidak disebabkan oleh penyakit tertentu. Meski memiliki ketelitian yang tinggi, kita terkadang tidak luput dari kesalahan penulisan. Typo tidak merusak makna atau pesan yang ingin disampaikan, namun lebih kepada merusak estetika kepenulisan.

Terdapat beberapa alasan mengapa kita seringkali melakukan typo ketika sedang mengetik dan artikel kali ini akan menjelaskan alasan-alasan tersebut. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Sebab Sering Typo Saat Mengetik

  • Kompleksitas Indera Manusia

Melansir Kumparan, Dr. Tom Stafford yang menjadi peneliti pada bidang psikologi dan ilmu kognitif manusia sekaligus pengajar di Universitas Sheffield, Inggris menyampaikan pendapatnya mengenai typo yang sering terjadi saat ini.

Dalam keadaan ‘dipaksa’ bekerja sama, seringkali indera manusia membuat kesalahan, seperti typo, sebagai hasil dari mix signal yang diterima oleh otak ketika kita berpikir dan mengetik dalam waktu bersamaan.

Kita telah berekspektasi bahwa apa yang kita sudah ketik atau tulis adalah benar, maka kita sering lalai melakukan typo dalam proses menulis. Menulis menggunakan gawai – seperti laptop, keyboard komputer maupun ponsel, ternyata memerlukan sensorik yang lebih kompleks dibandingkan menulis manual menggunakan tangan dan pena, loh! Itu sebabnya kita jarang melakukan typo saat menulis manual karena sensorik kita akan berjalan lebih lambat dan hati-hati daripada mengetik pada gawai.

Selain itu, menulis memerlukan kinerja sensorik yang lebih besar dibandingkan kegiatan membaca. Kita lebih mudah mengerti apa yang ditulis dibandingkan menulis, dimana fokus yang dipakai berbeda sehingga kita lebih cepat menemukan kesalahan penulisan atau typo pada apa yang kit abaca dibandingkan dengan apa yang kita tulis.

  • Merasa Terintimidasi

Seringkali typo terjadi karena kita berada di dalam situasi yang mendesak, seperti mengetik untuk deadline tugas kuliah maupun deadline kerja. Ketika berada dalam keadaan seperti ini, biasanya kita rentan melakukan kesalahan kecil maupun besar, termasuk typo.

Keadaan lainnya ketika seseorang sedang memperhatikan kegiatan kita saat menulis. Kita akan berusaha sebaik mungkin tidak melakukan kesalahan, namun terkadang malah melakukan typo karena terintimidasi.

  • Terlalu Fokus

Menjadi sangat fokus ketika melakukan suatu hal memang keuntungan tersendiri: kerjaan cepat selesai dan pesan dalam tulisan dapat tersampaikan dengan baik kepada pembaca. Namun, terkadang menjadi fokus juga membawa kerugian tersendiri, loh!

Karena terlalu terpaku pada struktur kalimat, terkadang kita lupa memperhatikan estetika atau visual dari tulisan kita. Hal ini yang menjadi salah satu alasan terjadinya typo pada kalimat yang kita tulis. Sangat disarankan melakukan proofread atau membaca ulang apa yang telah kita tulis sebelum mencetak atau mengirim ke tujuan, ya!

Terlepas dari semua kesalahan penulisan, typo adalah hal yang lumrah terjadi. Kecepatan, ketelitian dan fokus yang berbeda-beda dapat menyebabkan terjadinya typo dalam kalimat yang kita tulis.

Sebab Sering Typo Saat Mengetik

Terlepas dari semua kesalahan penulisan, typo adalah hal yang lumrah terjadi. Kecepatan, ketelitian dan fokus yang berbeda-beda dapat menyebabkan terjadinya typo dalam kalimat yang kita tulis.

Typo tidak merusak makna dan pesan yang ingin disampaikan lewat tulisan, melainkan lebih kepada estetika atau visual dari tulisan kita. Pembaca yang fokus dengan apa yang kita tulis biasanya tidak terlalu sadar dengan beberapa typo atau kesalahan penulisan yang kita buat. Pembaca akan lebih fokus pada memahami pesan dan makna yang ingin kita sampaikan.

Semoga penjelasan kali ini dapat menambah informasi para pembaca sekalian, ya!

One thought on “Alasan Orang Sering Typo saat Mengetik

  1. Pingback: tomatoes on keto

Comments are closed.