Teka Teki Silang

Asal Usul Teka Teki Silang

Teka teki silang, siapa yang tidak mengenal permainan yang satu ini?

Meski teknologi semakin berkembang dengan menghadirkan banyak jenis permainan baru, baik offline maupun online, namun permainan teka-teki silang tidak pernah kehilangan peminat dan penggemarnya.

Tidak hanya menawarkan kesenangan dan kepuasan ketika bisa menjawab dengan benar, teka-teki silang juga hadir sebagai permainan yang dapat memberi edukasi atau pengetahuan lebih kepada pemainnya. Jadi, kita tidak serta-merta hanya menghilangkan penat, tapi juga menjadi lebih banyak pengetahuan dan wawasan.

Artikel kali ini akan membahas serba-serbi permainan teka-teki silang, mulai dari pengertian hingga sejarah permainan ini sendiri. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu Teka Teki Silang?

Teka teki silang, atau disingkat menjadi TTS, merupakan salah satu permainan kata yang berbentuk serangkaian kotak-kotak kosong berwarna hitam dan putih. Kotak-kotak ini nantinya harus diisi oleh pemain dengan huruf, membentuk kata atau frasa tertentu, dengan petunjuk atau hint yang tersedia. Fungsi dari kotak hitam tersebut adalah pemisah kata atau frasa yang berbeda satu dan lainnya.

Beda negara, beda pula format permainan ini. Teka-teki silang di Indonesia mempunyai format dan gaya bahasa peunjuk yang berbeda dengan teka-teki silang di negara lain.

Permainan ini masih bisa ditemui pada media cetak, seperti koran, atau juga membeli buku khusus yang memuat beragam jenis teka-teki silang di toko-toko buku terdekat. Salah satu media cetak konvensional, yakni Kompas, telah merilis beberapa seri buku khusus teka-teki silang yang mudah ditemui di toko buku.

Asal Usul Teka teki Silang

Dilansir dari tirto.id, pada tahun 1890, format teka-teki silang dengan bentuk kotak-kotak horizontal dan vertikal pertama kali muncul pada majalah Italia, Il Secolo Illustrato della Domenica. Desain ini diciptakan oleh Giuseppe Arnoldi, koresponden kota Corriere della Sera, dan memberi nama permainan tersebut sebagai ‘Per passare il tempo’ atau yang berarti ‘Melewati Waktu’.

Dalam permainan itu, Giuseppe menggunakan kotak-kotak berjumlah empat tanpa kotak berwarna hitam, namun sudah dilengkapi petunjuk mendatar dan menurun.

20 tahun kemudian, teka-teki silang dengan bentuk baru muncul untuk pertama kalinya di surat kabar New York World pada 21 Desember 1913. Teka-teki versi baru ini dibuat oleh Arthur Wayne, jurnalis asal Liverpool, yang sampai saat ini dikreditkan sebagai penemu permainan teka-teki silang.

Pada tahun 1920, berbagai surat kabar Amerika Serikat, seperti The Boston Globe (1917) dan The Pittsburgh Press (1916) mengadopsi format milik Wayne tersebut. Kemudian pemerintah menetapkan tanggal 21 Desember menjadi hari teka-teki sedunia atau National Crossword Day.

Bentuk teka-teki silang milik Wayne adalah bentuk berlian dan tidak memberi kotak-kotak hitam di dalamnya. Jawaban yang ada ditulis mendatar dengan jumlah pertanyaan sebanyak 31 butir. Pada edisi berikutnya, Wayne membuat beberapa inovasi baru dengan jawaban meninggi hingga memuat ruang-ruang kosong di tengah teka-teki silang yang ia buat.

Semua bermula dari pihak redaktur yang meminta Wayne membuat sebuah permainan ringan dengan tujuan menghibur pembaca di akhir pekan. Kemudian, ia mempelajari bentuk permainan kuno yang disebu Pompeii – atau dalam Bahasa Inggris dinamakan ‘Magic Square’. Mengadopsi permainan tersebut, Wayne lalu menemukan permainan teka-teki silang. Karena dirasa menarik, permainan buatan Wayne akhirnya dimuat dalam rubrik ‘entertainment’ di majalah tersebut.

Kesuksesan permainan milik Wayne kemudian diikuti oleh media lainnya hingga dibukukan pada tahun 1924, oleh Simon and Schuster. Teka-teki silang ciptaan Arthur Wayne dapat dilihat di situs website Crossword Tournament sebagai permainan teka-teki silang pertama di dunia.

Berlanjut ke tahun 1942 dimana salah satu penerbit koran harian ternama di Amerika Serikat, New York Times, membuat standar untuk permainan teka-teki silang. Standar ini meliputi bentuk permainan yang simetris dan panjang kata minimal berisi tiga huruf. Dari standar yang berlaku, permainan teka-teki silang semakin terkenal ingga ke semua penjuru dunia. Semoga penjelasan mengenai teka-teki silang kali ini bisa menambah wawasan pembaca sekalian,  ya!

One thought on “Asal Usul Teka Teki Silang

Comments are closed.