wfh

Cara Efektif Bekerja dari Rumah

Sejak munculnya outbreak COVID-19 Maret lalu, semakin banyak perusahaan yang mengimplementasikan skema work-from-home atau bekerja dari rumah. Saat ini para karyawan dituntut untuk berusaha mempertahankan produktivitas tanpa adanya resources dan rutinitas seperti hari biasa di kantor.

Cara Efektif Bekerja dari Rumah atau Work From Home

Bekerja dari rumah memang terdengar seperti sebuah keuntungan dan kemewahan bagi pekerja, namun work-from-home juga berarti tidak ada liburan dan berusaha tetap produktif adalah suatu hal yang lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan.

Setiap jenis pekerjaan tentunya berbeda dan kemungkinan besar produktivitas karyawan akan bergantung pada tipe karir, atasan, dan aturan internal di perusahaan. Meskipun demikian, ada beberapa tips dan trik jitu untuk efektif bekerja dari rumah dengan tetap memperhatikan kesehatan fisik dan mental karyawan. Yuk, langsung saja baca hal-hal berikut.

Jalani Rutinitas Seperti Biasa, Buat Jadwal

Bekerja dari rumah pastinya bukan alasan untuk menghapus rutinitas kerja. Hanya karena kalian tidak perlu bersiap-siap dan pergi ke kantor, bukan berarti kalian bebas untuk bangun siang, tidak mandi, dan tetap memakai baju tidur sepanjang hari.

Mungkin hal-hal itu terlihat sepele, namun dengan tetap menjalani rutinitas seakan tetap pergi ke kantor seperti biasa bisa membuat mental kita lebih siap menghadapi hari itu dan memiliki mindset “hari ini saya bekerja”. Kemudian bekerja dari rumah cenderung lebih mudah untuk lupa waktu, maka alangkah baiknya jika kalian memiliki jadwal yang konsisten misalnya tetap bekerja dari jam sembilan pagi hingga lima sore seperti biasa.

Tetapkan Area Kerja Pribadi Kalian

Bekerja di kasur atau sofa empuk memang terdengar seperti sesuatu yang nyaman. Namun orang-orang yang sukses bekerja dari rumah setuju bahwa akan lebih baik jika kalian menetakan area khusus untuk bekerja. Usahakan gunakan meja dan kursi yang nyaman.

Selain memberikan stimulus seakan-akan sedang bekerja di kantor, area kerja pribadi ini akan membantu diri kalian tetap menjaga postur tubuh yang baik, menghindari distraksi, dan disiplin untuk meninggalkan pekerjaan ketika waktu kerja sudah berakhir.

Jangan Lupa Bergerak

Duduk terus menerus sepanjang hari tidaklah sehat bahkan jika kalian berada di kantor. Namun bekerja dari rumah berarti kalian sudah melewatkan waktu bergerak saat berangkat ke kantor dan hanya punya sedikit alasan untuk beranjak dari kursi ketika di rumah. Pastikan kalian berdiri dan meregangkan otot atau berjalan sebentar beberapa kali dalam sehari.

Jika kalian memiliki waktu ekstra satu atau dua jam karena tidak perlu berangkat dan pulang kantor, gunakan kesempatan waktu itu untuk berolahraga baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Apabila keluar rumah pastikan untuk pergi ke tempat yang tidak ramai dan patuhi protokol kesehatan.

Tetap Efektif Bekerja dari Rumah? Jaga Komunikasi dengan Rekan Kerja

Jika kalian termasuk karyawan yang bekerja dalam tim, maka pastikan untuk tetap update secara regular serti saat bekerja di kantor. Untuk menjaga diri tetap fokus dan terorganisir, kalian bisa membuat to-do-list dan membagikan daftarnya ke anggota tim dan atau atasan supaya mereka tahu sejauh mana pekerjaan yang telah kalian lakukan Selain saling memberikan kabar lewat tulisan, ada kalanya membangun rutinitas baru seperti melakukan meeting melalui video konferensi juga merupakan ide yang bagus. Melalui rutinitas tersebut selain membahas topik-topik pekerjaan biasa, kalian dan anggota tim lainnya juga bisa saling berbagi permasalahan kerja yang sekiranya terjadi.

One thought on “Cara Efektif Bekerja dari Rumah

  1. Pingback: keto menu

Comments are closed.