Cara Mengecek Typo Dengan Typoonline

Saat mengetik, kita terkadang melakukan kesalahan pengetikan yang sering dikenal dengan istilah typo. Kita tahu bahwa kesalahan ketik dapat berakibat fatal seperti menimbulkan kesalahpahaman bagi penerima pesan. Secara manual, kita dapat melakukan pengecekan dengan mata, namun kita akan menemui kendala jika dokumen yang perlu dicek berjumlah banyak. Untuk kemudahan dalam pengecekan kesalahan pengetikan, kini tersedia website typoonline.com yang akan membantu mengecek kesalahan-kesalahan dalam pengetikan. Selain itu, typoonline juga dilengkapi dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) edisi ketiga sehingga memudahkan kita untuk mencari arti kata.

Terdapat empat pilihan tombol yang terdapat di typoonline.com, yaitu:

  1. Tombol arti kata untuk mencari arti kata di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) edisi ketiga milik Kemdikbud.

    Ketikkan arti kata di kolom yang tersedia lalu klik cari, maka kamu akan menemukan arti katanya.

  2. Tombol teks atau dapat klik icon 

    Bagian ini digunakan untuk mengecek dokumen atau file atau dokumen berekstensi doc, docx, rtf, maupun pdf. Kamu dapat mengklik bagian tengah kotak ini kemudian pilih file yang akan dicek. Secara otomatis file kamu akan diperiksa, setelah itu kamu dapat klik tombol simpan sehingga kamu dapat mendapat teks perbaikannya.

  3. Tombol dokumen atau dapat klik icon 

    Terdapat dua tampilan kolom pada tools ini. Kamu bisa meletakkan tulisan yang mau dicek kesalahannya di sebelah kiri kemudian akan tampil hasil pengecekan di sebelah kanan. Kesalahan pengetikan pada teks akan ditandai dengan warna merah. Untuk kata-kata yang menggunakan bahasa Inggris bisa saja ditandai merah, hal tersebut bukan berarti terdapat kesalahan pengetikan namun menunjukkan kata tersebut adalah istilah asing.

  4. tombol website atau dapat klik icon 

    Pada bagian ini kamu dapat meletakkan link artikel blog yang ingin dicek salah ketik atau ejaannya, lalu klik Check. Artikel kalian akan muncul di bawah tampilan di atas di dalam frame, jika ada typo maka tulisan ditandai merah.

 

 

Bagaimana? Sangat mudah kan menggunakannya? Jika belum paham menggunakan situs ini untuk mengecek kesalahan pengetikan di dokumen kamu, kamu dapat menonton video tutorialnya di website tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mendaftar menjadi anggota typoonline.com sehingga kamu dapat maksmial menggunakan fitur-fiturnya. Selamat mencoba!