mengetik cepat

Cara Mahir Speed Typing atau Mengetik Cepat

Mengetik cepat merupakan salah satu skill menguntungkan bagi orang yang sering beinteraksi dengan komputer. Apalagi di era seperti sekarang, komputer sangat lazim digunakan setiap hari oleh semua orang terutama pelajar dan orang yang bekerja. Kemampuan ini tidak hanya membantu pekerjaan lebih cepat selesai, namun juga melatih kedua tangan agar bisa berjalan selaras dengan kecepatan berpikir otak. Oleh karena itu, kemampuan mengetik cepat bisa dikatakan berharga di era digital ini.

Bagi kalian yang ingin belajar mengetik cepat dengan mahir, langsung saja cek hal-hal berikut.

Cari Posisi Nyaman Sekaligus Baik bagi Tubuh

Ada kalanya posisi nyaman tidak selalu baik bagi tubuh, misalnya mengetik di kasur sambil setengah berbaring. Padahal aktivitas mengetik jika dilakukan untuk waktu yang lama akan memerlukan posisi tubuh yang baik. Sangat disarankan berada dalam posisi duduk, tidak membungkuk, dan bagian punggung memilki support atau sandaran. Pastikan juga keyboard berada pada ketinggian yang pas sehingga kedua tangan bisa nyaman dalam mengetik. Kemudian gunakan jarak pandang monitor yang direkomendasikan sehingga kedua tangan memiliki sudut yang nyaman dan membantu tubuh lebih rileks.

Lepas Kebiasaan Lama, Biasakan Mengetik Cepat dengan 10 Jari

Apakah kalian termasuk kelompok orang yang belum menggunakan kesepuluh jari saat mengetik? Mungkin sekarang waktu yang tepat untuk mulai belajar. Membuang kebiasaan lama memang tidak mudah, namun bukan berarti berdiam tanpa usaha. Menggunakan sepuluh jari berarti mengerahkan kedua tangan untuk mencapai potensi mengetik paling cepat milik kalian. Hal pertama yang perlu dipelajari dari awal adalah peletakkan dan jangkauan masing-masing jari pada keyboard. Ini penting untuk mengefisienkan gerakan jari saat mengetik. Kalian juga bisa mengunjungi situs yang memberikan arahan langkah demi langkah mengenai hal ini, misalnya situs TypingWeb.

Speed Typing atau Mengetik Cepat Tanpa Melihat Keyboard? Yuk, Mulai Belajar!

Mungkin ada beberapa teman atau keluarga kalian yang memiliki kemampuan ini. Meskipun terlihat sulit, mengetik tanpa melihat keyboard atau touchtyping tetap bisa dipelajari kok. Pada awalnya touchtyping akan memperlambat kecepatan mengetik, namun itu merupakan hal yang wajar. Penting untuk tidak menyerah dan kembali ke kebiasaan lama kalian.

Pertama, kalian bisa mencoba mengetik beberapa kalimat tanpa melihat keyboard sembari mengingat posisi dari masing-masing huruf. Jika di tengah jalan kalian terpaksa mengintip keyboard, kalian bisa melakukannya, namun setelah itu cobalah kembali kalimat yang sama tanpa melihat keyboard. Belajar touchtyping memang memakan waktu tapi semua itu akan terbayar nantinya.

Tips Menguasai Speed Typing? Fokus pada Akurasi Lebih Dulu

Meskipun tujuan akhirnya adalah bisa mengetik lebih cepat, akurasi merupakan aspek yang krusial. Mengapa? Bayangkan jika kalian mengetik dengan cepat namun sering melakukan kesalahan. Tentu perlu waktu tambahan untuk menekan tombol backspace dan melakukan koreksi. Hal tersebut cenderung lebih memakan waktu dibandingkan ketika kalian mengetik sedikit lebih lambat namun akurat. Jadi belajarlah untuk akurat terlebih dahulu, baru lambat laun meningkatkan kecepatan. Mengetik secara akurat akan memberikan perasaan puas yang bisa dijadikan sebagai motivasi untuk mengetik lebih cepat. Setelah melakukan tips-tips di atas ada satu hal yang tidak kalah penting. Ya benar, berlatih. Tanpa latihan secara konsisten dan berkelanjutan, sulit untuk bisa mencapai tujuan mengetik cepat. Banyak berlatih dapat membuat kalian mengembangkan musle memory untuk beberapa tipe pasangan huruf misalnya imbuhan di- dan me- yang sering digunakan dalam kalimat. Ingat, practice makes perfect. Selamat belajar!