istilah kekinian

Istilah Kekinian yang Sering Digunakan dalam Chat

“FYI gue hari ini beli tas terbaru dari Gucci!”

FYI? Pernahkah Anda mendengar atau membaca istilah tersebut ketika sedang chatting dengan saudara, teman, kekasih, atau rekan kerja?

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, chat atau berkirim kabar melalui pesan singkat semakin meningkat intensitas waktu dan penggunanya. Tua atau muda, jauh atau dekat, semua aman menggunakan chat.

Semakin berkembang teknologi dan cepatnya laju informasi, banyak istilah-istilah baru bermunculan di tengah masyarakat untuk saling berkirim kabar dalam bentuk teks. Entah dalam bentuk singkatan, menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa yang diplesetkan.

Istilah-istilah baru ini bersifat tidak wajib diketahui atau dikuasai, namun setidaknya Anda harus tahu satu-dua istilah ini agar tidak ketinggalan zaman.

Artikel kali ini akan membahas beberapa istilah ‘kekinian’ yang digunakan dalam chat. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Istilah dalam Bahasa Inggris

  • A.K.A

Istilah satu ini merupakan singkatan berbahasa Inggris, yakni singkatan dari As Known As yang berarti ‘alias’.

  • ASAP

Sama dengan istilah sebelumnya, ASAP adalah singkatan berbahasa Inggris, yakni As Soon As Possible yang berarti ‘secepat mungkin’.

  • LOL

Istilah satu ini paling sering digunakan dalam percakapan bersifat humor. LOL adalah singkatan berbahasa Inggris dari Laugh Out Loud yang berarti ‘tertawa terbahak-bahak’. Penggunaan istilah ini untuk menggambarkan reaksi dari kejadian yang sangat lucu.

  • FYI

Istilah ini adalah singkatan dari For Your Information dengan artian ‘sekedar informasi untuk kamu’. FYI biasa digunakan sebelum memberi informasi tertentu – seperti gosip, ke seseorang atau sekelompok orang.

  • OTW

Sangat familiar dengan istilah ini? Yap! OTW adalah singkatan dari On The Way yang berarti ‘sedang dalam perjalanan’. Biasanya dipakai saat kita akan berpindah ke suatu tempat.

  • CMIIW

Istilah yang satu ini sedang booming akhir-akhir ini, terlebih di media sosial Twitter. CMIIW adalah singkatan dari Correct Me If I’m Wrong yang berarti ‘koreksi saya jika salah’. Biasa digunakan saat pengguna telah mengutarakan pendapat terhadap sesuatu atau seseorang.

  • GWS

Istilah ini juga cukup sering digunakan dalam percakapan singkatan dari Get Well Soon, yang berarti ‘semoga cepat sembuh’.

  • OOT

Istilah ini adalah singkatan dari Out of Topic yang memiliki arti ‘keluar dari topik’. Biasa digunakan untuk memotong pembicaraan dengan topik yang tidak relevan.

Istilah dalam Bahasa Indonesia

  • Kepo

Istilah satu ini memiliki artian sebagai ‘terlalu mau tahu’. Biasa digunakan untuk orang yang ingin mengetahui informasi dari seseorang.

  • Baper

Istilah ini memiliki makna ‘terlalu dibawa perasaan’.

  • Kerad

Konon istilah ini diciptakan dari plesetan kata ‘keras’, loh!

  • Woles

Hampir sama dengan istilah sebelumnya, Woles adalah plesetan dari kata ‘selow’ atau ‘santai’ yang dibalik. Kreatif, kan?

  • Japri

Yang satu ini sering keluar saat berada di obrolan grup, yang merupakan singkatan dari jalur pribadi. Digunakan saat seseorang hendak chat secara personal ke satu kontak lain.

  • Julid

Dari tua hingga muda pasti pernah mendengar istilah yang dipopulerkan oleh penyanyi Syahrini. Tidak banyak yang tahu bahwa istilah ini berasal dari kata ‘binjulid’ yang berarti iri, dengki, jahat, dan sejenisnya.

  • MBB

Salah satu singkatan berbahasa Indonesia, MBB adalah singkatan dari maaf baru balas.

Meskipun dikategorikan sebagai slang words atau plesetan, penggunaan istilah-istilah di atas juga tidak bisa sembarangan, loh. Harus disesuaikan dengan konteks dan keadaan yang ada. Semoga penjelasan kali ini dapat menambah informasi para pembaca sekalian, ya!

One thought on “Istilah Kekinian yang Sering Digunakan dalam Chat

Comments are closed.