Sering Typo akibat Auto Correct

Kesal karena Sering Typo akibat Auto Correct? Ini Solusinya!

Ponsel pintar yang sekarang ini banyak beredar di pasaran memiliki beragam fitur dan aplikasi yang menunjang kemudahan penggunanya, termasuk auto-correct.

Pada ponsel pintar, fitur auto-correct merupakan salah satu fitur bawaan Google, yakni Google Keyboard, yang sudah otomatis terpasang di ponsel ketika Anda pertama kali membeli dan memakai.

Sering Typo akibat Auto Correct?

Fitur satu ini memiliki fungsi sebagai alat bantu pengetikan dan biasanya merupakan fitur bawaan dari ponsel yang kita miliki. Auto-correct membantu kita membenarkan kata-kata yang salah ketik menjadi satu kata utuh yang benar.

Auto-correct tersedia dalam beberapa bahasa, namun secara umum fitur auto-correct menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan penulisan atau typo untuk para pembaca yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam pengetikan. Auto-correct secara otomatis mengubah kata yang kita ketik menjadi kata Bahasa Inggris yang memiliki struktur mendekati sama.

Beberapa merk ponsel pintar memiliki jenis auto-correct dalam Bahasa Indonesia, namun hal ini masih belum menyelesaikan masalah karena beberapa pengguna masih sering menyingkat kata dan hasil dari auto-correct yang juga tidak sesuai.

Tapi tenang! Fitur ini dapat kita nonaktifkan untuk meminimalisir typo pada pengetikan di ponsel kita, loh!i

Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Cara Mematikan Auto Correct di Android

Bagi pemilik ponsel pintar dengan interface atau antarmuka berbasis Android One atau yang memiliki perangkat Android Stock – seperti Google Pixel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings pada ponsel. Biasanya dilambangkan dengan ikon berbentuk roda gigi.
  2. Gulir layar ponsel hingga menemukan opsi System. Biasanya terdapat pada bagian bawah menu pengaturan. Bagi pengguna Samsung Galaxy, Anda dapat memilih opsi General Management yang tertera pada layar.
  3. Setelah itu tekan opsi Languages & Input. Opsi ini berada di bagian atas layar pilihan.
  4. Lalu, tekan pilihan Virtual Keyboard yang terdapat pada tengah layar pilihan. Untuk Anda pengguna Samsung Galaxy, Anda dapat memilih opsi On-Screen Keyboard pada layar.
  5. Lanjutkan dengan memilih opsi keyboard dengan opsi Samsung Keyboard untuk Anda pengguna ponsel Samsung dan Gboard untuk Anda yang menggunakan keyboard berbasis Google.
  6. Kemudian, tekan pilihan Text Correction pada layar. Untuk pengguna ponsel Samsung, Anda dapat memilih opsi Smart Typing. Sedangkan untuk pengguna Google Keyboard, Anda dapat memilih opsi Text Correction.
  7. Selanjutnya, pilih opsi Auto-Correction hingga tombol berwarna hijau kebiruan berubah menjadi abu-abu. Ini menandakan fitur auto-correct pada keyboard Anda telah dinonaktifkan.

Pada panel ini pula Anda dapat menonaktifkan fitur Show Correction Suggestions yang berguna sebagai prediksi kata yang hendak kita ketik.

Bagi pengguna ponsel Samsung, Anda dapat memilih opsi Predictive Text.

Untuk pengguna keyboard SwiftKey, kalian juga dapat menonaktifkan auto-correct dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi SwiftKey pada ponsel, lalu pilih opsi Typing dengan logo bubble chat pada layar.
  2. Selanjutnya, pilih opsi Typing & AutoCorrect.
  3. Fitur auto-correct ini secara default atau secara otomatis dalam kondisi aktif sejak ponsel pertama kali diaktifkan. Untuk mematikan fitur, klik tombol berwarna ungu hingga berubah menjadi abu-abu. Selesai! Anda berhasil menonaktifkan fitur auto-correct pada keyboard ponsel.

Semoga informasi di atas berguna untuk para pembaca sekalian, ya!

One thought on “Kesal karena Sering Typo akibat Auto Correct? Ini Solusinya!

  1. Pingback: keto box

Comments are closed.