Cara Efektif Menemukan Ide Karya Ilmiah

Menemukan ide untuk penelitian dan pengembangan memang tidak mudah, butuh kreativitas dan daya berpikir yang kritis. Prosesnya pun butuh usaha, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Memang susah ketika ide belum ditemukan. Harus berpikir ekstra keras untuk menemukan ide-ide yang cemerlang. Pada hakikatnya ide bisa digali dari diri setiap individu, bergantung bagaimana setiap individu menanggapi setiap hal yang terjadi. Dengan meningkatkan kepedulian dan sikap kritis tentunya menemukan ide bukanlah suatu keniscayaan. Selain dengan meningkatkan kepedulian dan sikap kritis, berikut adalah cara-cara yang bisa membantu menemukan ide dengan efektif.

  1. Menjelajah Internet
    Menjelajah internet (internet browsing) merupakan salah satu cara efekif untuk menemukan ide. Dengan canggihnya teknologi saat ini, internet memungkinkan setiap penggunanya bisa mendapatkan ragam berita, informasi dan ilmu pengetahuan yang sangat banyak. Tentunya hal tersebut dapat mempermudah menemukan ide, bahkan terdapat beberapa situs yang menyajikan berbagai ide yang bisa dijadikan bahan untuk karya ilmiah.
  2. Membaca Buku
    Buku adalah jendela dunia. Buku adalah gudang ilmu. Pernyataan-pernyataan tersebut tentunya sudah menjelaskan betapa buku begitu kaya akan ilmu dan informasi. Oleh karena itu, untuk menemukan ide, buku menjadi solusi yang tepat. Gunakan buku untuk mempelajari pengetahuan dan teori yang berhubungan dengan apa yang diteliti.
  3. Konsultasi dengan Dosen atau Guru
    Banyak berdiskusi dengan dosen atau guru juga merupakan solusi yang tepat untuk menemukan ide. Dosen atau guru tentunya memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengalaman. Dengan saling berbagi pengalaman dengan dosen atau guru dapat memunculkan ide karya ilmiah yang baik.
  4. Memperhatikan Keadaan Lingkungan Sekitar
    Lingkungan sekitar merupakan gudang ide karya ilmiah yang tak kasat mata. Banyak peristiwa yang terjadi bahkan dalam kurun waktu hanya satu hari. Dengan memperhatikan keadaan sekitar dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dapat ditemukan ide karya ilmiah gemilang yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.
  5. Berpikir Kreatif dalam Menghadapi Masalah
    Kreatif merupakan salah satu hal penting dalam berpikir. Sebab dengan pola pikir yang sama seperti kebanyakan orang, kemungkinan untuk menemukan sesuatu yang baru dan beda adalah kecil. Padahal untuk menemukan ide sebuah karya ilmiah dibutuhkan ide yang segar, yang bisa menjadikan karya ilmiah berbeda dari karya ilmiah pada umumnya. Dengan membiasakan pola pikir kreatif, kinerja otak menjadi terasah sehingga akan ada lebih banyak ide yang muncul.
  6. Tanamkan Pola Pikir yang Tepat
    Ide adalah buah pikiran pendapat setiap manusia, oleh karenanya tidak ada ide yang benar atau salah. Pola pikir bahwa tidak ada ide yang salah harus ditanamkan terlebih dahulu. Sehingga setiap individu akan berani untuk mengungkapkan segala ide yang muncul tanpa harus takut bahwa idenya salah. Dengan demikian, ide yang dimiliki setiap individu dapat dikembangkan secara maksimal, bahkan terdapat kemungkinan jika ide tersebut dapat melahirkan ide lain yang baru.
  7. Teguhkan Niat dan Bulatkan Tekad
    Dalam membuat karya ilmiah dibutuhkan niat yang teguh dan tekad yang bulat agar penelitian karya ilmiah tidak berhenti di tengah jalan. Sesuatu yang dilakukan dengan niat yang sungguh-sungguh tentunya akan membuahkan hasil yang maksimal, karena bagaimanapun hasil tidak akan pernah mengkhinati proses.
  8. Berpikiran Terbuka
    Dalam menggali ide untuk karya ilmiah, sikap terbuka juga menjadi faktor penting yang bisa membantu menemukan ide. Ketika ada orang lain yang mungkin memberikan sebuah saran atau masukan ketika berdiskusi atau sekedar obrolan ringan, hendaknya saran tersebut diterima dengan pikiran terbuka sehingga ide yang sedang dicari dapat ditemukan dan dinilai dari sudut pandang yang berbeda.
  9. Berpikirlah Secara Out of The Box
    Berpikir secara out of the box berarti berpikir di luar pikiran masyarakat secara umum. Temukan sesuatu yang baru dari setiap fenomena yang terjadi di sekitar, tanggapi dengan cara yang tidak biasa. Ketika sudah membiasakan diri untuk berpikir secara out of the box, tentunya dapat memperkaya ide yang nanti ditemukan. Gabungan antara ide yang masih murniĀ  dan pola pikir yang out of the box dapat menjadikan ide tema karya ilmiah tersebut benar-benar bagus. Namun, untuk membiasakan diri berpikir secara out of the box, dibutuhkan daya nalar yang tinggi dan harus terbiasa bersikap kritis dalam menyikapi segala sesuatu.
  10. Miliki Minat dan Rasa Ingin Tahu pada Suatu Bidang Ilmu
    Jika cara-cara yang telah disebutkan di atas sudah dilakukan namun ide belum juga muncul, ada baiknya mulai menggali ide dari bidang yang sangat digemari. Misalnya, seni. Dengan minat yang tinggi terhadap dunia seni, tentunya rasa ingin tahu yang dimilikipun tinggi. Rasa ingin tahu ini yang akan menjadi motivasi bagi seseorang untuk menggali lebih dalam tentang bidang yang digemari. Tentunya dengan motivasi yang tinggi, pengetahuan dan informasi yang didapat akan diserap dan dipahami dengan lebih baik sehingga mampu memicu munculnya ide karya ilmiah.
  11. Pahami dan Tentukan Metode Penelitian
    Ketika sudah mendapat ide, hendaknya peneliti menentukan terlebih dahulu metode yang akan digunakan dalam menyusun karya ilmiahnya. Apakah menggunakan metode kuantitatif atau kualitatif. Metode kuantitatif adalah metode yang mengacu pada kuantitas data penelitian, sedangkan metode kualitatif adalah metode yang mengacu pada kualitas data penelitian. Dengan mengetahui metode yang dinginkan, peneliti dapat menentukan hal-hal yang harus dilakukan selama penelitian serta referensi yang sesuai dengan metode penelitian yang digunakan.

 

Semoga tulisan ini dapat membantu dalam menemukan ide penelitian dalam penulisan karya ilmiah. Selamat berkarya dan terima kasih.

Referensi :

http://www.caraterunik.com/2015/04/cara-menemukan-ide-judul-penelitian.html

http://www.biosend.id/2015/06/10-tips-dan-cara-menemukan-ide-untuk.html

https://www.kompasiana.com/dewiwiddie/masih-bingung-menemukan-ide-penelitian-ini-tipsnya_5570bee62523bd0650584818

 

One thought on “Cara Efektif Menemukan Ide Karya Ilmiah

Comments are closed.