intisari buku nonfiksi

Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi

Membaca merupakan kegiatan yang telah melekat dalam kehidupan kita. Kebanyakan dari kita tentu pernah membaca buku, baik buku fiksi maupun buku nonfiksi. Setelah membaca buku, tentunya kita mendapatkan sesuatu yang baru. Mungkin ilmu baru, mungkin pengetahuan baru, atau mungkin suatu cerita yang belum pernah dibaca sebelumnya. Sayangnya, tidak semua orang yang setelah membaca buku mampu mengambil intisari dari buku yang dibaca. Kebanyakan dari kita setelah membaca buku tidak tahu intisari buku dan kebanyakan informasi yang kita dapat bukanlah intisari dari buku. Mengetahui intisari sebuah buku memanglah tidak mudah. Dibutuhkan pemahaman yang cukup dan konsentrasi dalam proses membacanya, terutama untuk buku nonfiksi.

Menurut sebagian orang, membaca buku nonfiksi lebih sulit dibandingkan dengan membaca buku fiksi. Kesulitan itu, tampaknya tidak perlu ditakuti. Alasan yang muncul dari maslah tersebut adalah buku nonfiksi tidak mempunyai laur yang runut. Persepsi tersebut bisa dihilangkan dengan membiasakan diri membaca buku nonfiksi, dan menikmatinya sebagaimana kita membaca buku fiksi.

Buku nonfiksi biasanya terdiri atas bab-bab yang hubungan antar babnya terkadang tidak sama karena topik yang dibicarakan dalam bab tersebut berbeda dengan topik yang dibicarakan pada bab sebelumnya atau sesudahnya. Agar pikiran kita tetap pada alr isi buku tersebut, kita harus membaca buku nonfiksi mulai dari kata pengantar. Hal ini dikarenakan penulis biasanya memberikan “benang merah” untuk menghubungkan topik antar bab isi buku tersebut dalam kata pengantar.

Menulis intisari buku adalah sebuah kegiatan menulis yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan kepada pembaca dengan cara menulis kembali atau merangkum sebuah buku dengan ringkas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pembaca mendapatkan informasi yang terkandung di dalam sebuah buku.

Menulis intisari buku sangat bermanfaat, di antaranya adalah dapat dijadikan rujukan untuk menemukan suatu bacaan yang bagus, dapat memudahkan pembaca mendapatkan informasi, khususnya bagi para pembaca yang tidak suka membaca buku-buku yang sangat tebal, dan dapat juga dijadikan sebagai sumber referensi ketika menulis karya ilmiah.
Di bawah ini akan dijabarkan cara yang tepat untuk bisa menyampaikan intisari buku nonfiksi sebagai berikut :

  1. Perhatikan bagian permulaan buku. Lihat dan baca dengan cepat sampulluar buku, halaman judul, tahun penerbitan, halaman pengantar, dan daftar isi. Melalui daftar ini, kita dapat memperoleh gambaran topik-topik penting yang diuraikan dalam buku tersebut.
  2. Temukan informasi umum buku, isi bab atau seksi, dan penjelasan tertentu tentang suatu istilah.
  3. Catat informasi-informasi penting yang ada pada setiap bagian, bab dan subbab.
  4. Dalam menulis sebuah intisari buku, berikut ini adalah bagian-bagian yang harus dituliskan dalam sebuah intisari buku :

    Judul Buku
    Identitas Buku
    Penulis
    Penerbit
    Kota terbit
    Jenis buku
    Tahun terbit

  5. Intisari buku
    Dalam bagian ini, mengandung inti pokok pembahasan dari buku tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan meringkas hal-hal yang dianggap penting pada setiap bab yang kemudian disimpulkan pada bagian akhir.
    Contoh Intisari Buku

    Judul Buku : Pengendalian Erosi.
    Identitas Buku
    Penulis                                 : Dr. Ir. Supli Effendi Rahim
    Penerbit                              : PT Bumi Aksara
    Kota Terbit                         : Jakarta
    Jenis Buku                          : Lingkungan Hidup
    Tahun                                   : 2000

  6. Intisari Buku
    Buku ‘Pengendalian Erosi Tanah’ ini terdiri dari dua belas bagian, yakni pengendalian erosi tanah dalam rangka pelestarian hidup; penyebaran dan keragaman erosi tanah; masalah erosi tanah dalam lahan kritis; erosi tanah dan fenomenanya; limpasan permukaan; pendugaan erosi dan penggunaannya; pencegahan dan penanggulangan erosi tanah pada tingkat makro; pencegahan dan penanggulangan erosi pada tingkat mikro; tindakan konservasi tanah; permasalahan dalam penerapan tindakan dan kebijakan konservasi tanah; penelitian erosi dan konservasi tanah; dan kesimpulan.
    Pembangunan nasional sejak dasawarsa 80-an telah diarahkan untuk menganut konsep pembangunan berkelanjutan itu sendiri sesungguhnya adalah upaya untuk mencapai keberlanjutan dalam 4 hal. Keberlanjutan ekologis yang merupakan keberlanjutan yang utama dan pertama, diikuti oleh keberlanjutan ekonomis, sosial budaya dan politik hankam. Upaya mencapai sasaran pembangunan itu tentu harus melewati jalan berliku dan panjang. Kebijakan dalam bentuk hal haruslah ditempuh. Ada tiga hal yang harus dijadikan tumpuan dalam menjalankan roda pembangunan itu. Pertama sumber daya alami, kedua kualitas lingkungan, dan ketiga faktor kependudukan.
    Siapa pun pasti berhubungan dengan tanah. Tanah merupakan tempat mendirikan bangunan, tempat hidup tumbuhan dan hewan, tempat dikuburkannya manusia bila meninggal, dan tempat berusaha pada umumnya. Jadi, tanah dengan manusia sangat erat ketertarikan. Eratnyanya hubungan tanah dengan kehidupan manusia dibuktikan dengan terekomentasinya dalam kitab suci bahwa manusia diciptakan dari tanah. Karena ia diciptakan dari tanah maka tidak mengherankan mengapa manusia tak bisa hidup tanpa tanah. Maka dari itu tanah patut dijaga agar tidak sampai terkena erosi.
    Masalah Erosi di Indonesia, dalam hal ini erosi akibat campur tangan manusia , sebenarnya telah berlangsung sejak lama. Barangkali bersamaan dengan pembukaan lahan untuk usaha pertanian oleh nenek moyang bangsa ini ribuan tahun yang lalu. Namun demikian, kepedulian manusia terhadap proses ini memang terbilang baru.
    Erosi didefinisikan sebagai suatu peristiwa hilang atau terkikisnya tanah atau sebagian dari suatu tempat yang terangkut dari suatu tempat ke tempat lain, baik disebabkan oleh pergerakan air, angin, atau es. Pengikisan tanah di sini pada hakekatnya tidak termasuk erosi internal (ke dalam penampang tanah) tetapi hanya pengikisan suatu tanah ke tempat lain (eksternal). Di daerah tropis seperti Indonesia, erosi terutama disebabkan oleh air hujan. Ada juga erosi terjadi disebabkan oleh angin atau es, tetapi pada buku ini lebih ditekankan kepada erosi oleh air hujan.
    Salah satu penyebab erosi karena adanya faktor limpasan permukaan. Limpasan permukaan merupakan sebagian dari air hujan yang mengalir di atas permukaan tanah. Jumlah air yang menjadi limpasan ini sangat bergantung pada jumlah air hujan persatuan waktu (intensitas), keadaan penutup tanah, topografi terutama kemiringan lereng), jenis tanah, dan ada atau tidaknya hujan yang terjadi sebelumnya (kadar air tanah sebelum terjadinya hujan).
    Ada dua tujuan utama mengapa perlu dilakukan pendugaan erosi. Pertama, untuk meramalkan besar erosi yang telah, sedang atau akan terjadi pada suatu lahan dengan atau tanpa pengelolahan tertentu. Kedua, untuk memilih praktek penggunaan lahan dalam arti ;uas yang mempunyai produktivitas tinggi dan berkelanjutan. Pendugaan erosi dapat dilakukan di laboratorium atau di lapangan.
    Konservasi tanah ditujukan untuk memperoleh produksi maksimum suatu lahan secara berkelanjutan, sementara mengupayakan agar laju erosi tanah lebih kecil atau paling tidak sama dengan laju pembentukan tanah di lahan (daerah) itu. Ini berarti bahwa diperlukan langkah-langkah atau upaya-upaya yang diperlukan untuk mengatur penggunaan lahan.
    Laju erosi maksimum yang dapat dibiarkan disebut dengan laju kehilangan tanah toleransi. Berapa besarnya laju erosi yang bisa dibiarkan untuk suatu daerah sesungguhnya tidaklah mudah. Sebab penentuannya haruslah didasarkan kepada beberapa besarnya laju pembentukan tanah di kawasan itu. Laju pembentukan tanah merupakan patokan yang digunakan untuk mementukan beberapa besarnya laju erosi yang dapat dibiarkan di suatu daerah. Laju pembentukan tanah di seluruh dunia berkisar antara 0,01 hingga 7,7mm/tahun
    Untuk menghindari terjadinya erosi diperlukan strategi-strategi yang ampuh untuk mensiasati hal ini. Di dalam buku ini menjelaskan bahwa strategi-strategi penanggulangan erosi untuk masing-masing penggunaan lahan digunakan sedikitnya dua dari tiga tindakan,  meliputi tindakan agronomis, tindakan pengelolahan tanah, dan tindakan mekanis.
    Secara umum telah dapat dipahami bahwa masih banyak yang harus dipelajari tidak saja tentang proses erosi tanah itu sendiri, juga tentang metode-metode konservasinya. Namun, tantanga yang lebih besar lagi ternyata berupa kendala-kendala nonteknis. Metode-metode konservasi tanah secara praktikal telah berkembang mengikuti perkembangan zaman. Pada awal abad ke-20, penekanan masih kepada cara konservasi yang dikembangkan oleh Amerika Serikat yakni melalui manipulasi lahan untuk mengendalikan limpasan dengan penggunaan terasering.
    Informasi tentang perilaku erosi dan strategi untuk pengendaliannya yang “terbaik” sangat diperlukan. Tambahan lagi bahwa walaupun telaj tersedia teknologi yang handal dalam bidang konservasi tanah, namun karena kebanyakan dikembangkan di luar negeri, penerapannya tidak dapat langsung dilaksanakan begitu saja. Untuk itu perlu uji coba bahkan bila perlu dicarikan alternatif yang terbaik
    Upaya pelestarian Lingkungan Hidup secara fungisional salah satunya dilakukan melalui pengendalian erosi tanah setiap tipe penggunaan lahan. Ini merupakan isyarat bahwa konsepsi modern, padasatu sisi lahan dapat digunakan sesuai daya dukungnya, pada sisi lain diupayakan agar laju kerusakannya rendah.
    Keunggulan dari buku ini ialah mengupas secara tuntas cara penanggulangan erosi, baik terjadi karena faktor alam atau karena adanya faktor lain yang menyebabkan terjadinya erosi. Namun di sisi lain, buku ini juga mempunyai kekurangan yakni menggunakan bahasa yang bertele-tele dan sulit dimengerti.
    Buku ini layak dibaca bagi semua kalangan, baik dari kalangan remaja hingga kalangan dewasa. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi para pecinta alam untuk mengurangi laju erosi tanah.

Demikian penjabaran tentang cara menyampaikan intisari buku nonfiksi, semoga bermanfaat.

Terima kasih 🙂

406 thoughts on “Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi

  1. Pingback: keto cornbread
  2. Pingback: Reba Fleurantin
  3. Pingback: Beverly Bultron
  4. Pingback: MILF Porn
  5. Pingback: valentine gift
  6. Pingback: valentine pillow
  7. Pingback: Click Here
  8. Pingback: Click Here
  9. Pingback: Click Here
  10. Pingback: Click Here
  11. Pingback: Click Here
  12. Pingback: Click Here
  13. Pingback: Click Here
  14. Pingback: Click Here
  15. Pingback: Click Here
  16. Pingback: Click Here
  17. Pingback: Click Here
  18. Pingback: Click Here
  19. Pingback: Click Here
  20. Pingback: Click Here
  21. Pingback: Click Here
  22. Pingback: Click Here
  23. Pingback: Click Here
  24. Pingback: Click Here
  25. Pingback: Click Here
  26. Pingback: spaceros
  27. Pingback: Click Here
  28. Pingback: Click Here
  29. Pingback: Click Here
  30. Pingback: Click Here
  31. Pingback: Click Here
  32. Pingback: Click Here
  33. Pingback: Click Here
  34. Pingback: Click Here
  35. Pingback: Click Here
  36. Pingback: Click Here
  37. Pingback: Click Here
  38. Pingback: Click Here
  39. Pingback: Click Here
  40. Pingback: Click Here
  41. Pingback: Click Here
  42. Pingback: Click Here
  43. Pingback: Click Here
  44. Pingback: Click Here
  45. Pingback: Click Here
  46. Pingback: Click Here
  47. Pingback: Click Here
  48. Pingback: Click Here
  49. Pingback: Click Here
  50. Pingback: Click Here
  51. Pingback: Click Here
  52. Pingback: Click Here
  53. Pingback: Click Here
  54. Pingback: Click Here
  55. Pingback: Click Here
  56. Pingback: Click Here
  57. Pingback: Click Here
  58. Pingback: Click Here
  59. Pingback: Click Here
  60. Pingback: Click Here
  61. Pingback: Click Here
  62. Pingback: Click Here
  63. Pingback: Click Here
  64. Pingback: Click Here
  65. Pingback: Click Here
  66. Pingback: Click Here
  67. Pingback: Click Here
  68. Pingback: Click Here
  69. Pingback: Click Here
  70. Pingback: Click Here
  71. Pingback: Google reviews
  72. Pingback: 2023 Books
  73. Pingback: obituary
  74. Pingback: obituaries
  75. Pingback: tombstones
  76. Pingback: IRA Empire
  77. Pingback: Higher education
  78. Pingback: Marketing degree
  79. Pingback: Political Theory
  80. Pingback: Water Bath
  81. Pingback: training course
  82. Pingback: fue
  83. Pingback: fue
  84. Pingback: fue email
  85. Pingback: fue contact
  86. Pingback: FiverrEarn
  87. Pingback: magasin crossfit
  88. Pingback: pec-deck
  89. Pingback: quietum plus
  90. Pingback: Fiverr Earn
  91. Pingback: Fiverr Earn
  92. Pingback: Fiverr Earn
  93. Pingback: Fiverr Earn
  94. Pingback: Fiverr Earn
  95. Pingback: Fiverr Earn
  96. Pingback: Fiverr Earn
  97. Pingback: fiverrearn.com
  98. Pingback: fiverrearn.com
  99. Pingback: fiverrearn.com
  100. Pingback: fiverrearn.com
  101. Pingback: fiverrearn.com
  102. Pingback: fiverrearn.com
  103. Pingback: flatbed broker
  104. Pingback: fiverrearn.com
  105. Pingback: fiverrearn.com
  106. Pingback: fiverrearn.com
  107. Pingback: fiverrearn.com
  108. Pingback: mini bulldog
  109. Pingback: exotic bullies
  110. Pingback: isla mujeres
  111. Pingback: seo in Dubai
  112. Pingback: crypto news
  113. Pingback: jewelry kay
  114. Pingback: dog accessories
  115. Pingback: film
  116. Pingback: multisbobet
  117. Pingback: what is seo
  118. Pingback: french bulldogs
  119. Pingback: Fiverr.Com
  120. Pingback: Fiverr
  121. Pingback: Fiverr.Com
  122. Pingback: Fiverr.Com
  123. Pingback: Warranty
  124. Pingback: FUE
  125. Pingback: FUE
  126. Pingback: FUE
  127. Pingback: FUE
  128. Pingback: Moving logistics
  129. Pingback: Local movers
  130. Pingback: batmanapollo.ru
  131. Pingback: bali indonesia
  132. Pingback: FiverrEarn
  133. Pingback: FiverrEarn
  134. Pingback: FiverrEarn
  135. Pingback: FiverrEarn
  136. Pingback: FiverrEarn
  137. Pingback: FiverrEarn
  138. Pingback: Fiverr
  139. Pingback: FiverrEarn
  140. Pingback: FiverrEarn
  141. Pingback: FiverrEarn
  142. Pingback: FiverrEarn
  143. Pingback: Media
  144. Pingback: FiverrEarn
  145. Pingback: FiverrEarn
  146. Pingback: FiverrEarn
  147. Pingback: FiverrEarn
  148. Pingback: FiverrEarn
  149. Pingback: pupuk
  150. Pingback: partners
  151. Pingback: blood sugar
  152. Pingback: liv pure
  153. Pingback: french bulldog
  154. Pingback: Tips
  155. Pingback: FiverrEarn
  156. Pingback: FiverrEarn
  157. Pingback: FiverrEarn
  158. Pingback: FiverrEarn
  159. Pingback: FiverrEarn
  160. Pingback: FiverrEarn
  161. Pingback: FiverrEarn
  162. Pingback: FiverrEarn
  163. Pingback: FiverrEarn
  164. Pingback: FiverrEarn
  165. Pingback: FiverrEarn
  166. Pingback: FiverrEarn
  167. Pingback: FiverrEarn
  168. Pingback: FiverrEarn
  169. Pingback: FiverrEarn
  170. Pingback: FiverrEarn
  171. Pingback: FiverrEarn
  172. Pingback: FiverrEarn
  173. Pingback: FiverrEarn
  174. Pingback: FiverrEarn
  175. Pingback: FiverrEarn
  176. Pingback: FiverrEarn
  177. Pingback: FiverrEarn
  178. Pingback: Bilona
  179. Pingback: garden
  180. Pingback: Slot Gacor
  181. Pingback: Slot Online
  182. Pingback: Kuliah Termurah
  183. Pingback: FiverrEarn
  184. Pingback: FiverrEarn
  185. Pingback: FiverrEarn
  186. Pingback: psy
  187. Pingback: cheap sex cams
  188. Pingback: batman apollo ru
  189. Pingback: fullersears.com
  190. Pingback: fullersears.com
  191. Pingback: live sex cams
  192. Pingback: live sex cams
  193. Pingback: live sex cams
  194. Pingback: live sex cams
  195. Pingback: frt trigger
  196. Pingback: Asesoria Fiscal
  197. Pingback: 늑대닷컴
  198. Pingback: One Peace AMV
  199. Pingback: superslot
  200. Pingback: allgame
  201. Pingback: 918kiss
  202. Pingback: หวย24
  203. Pingback: Cleanser
  204. Pingback: pg slot
  205. Pingback: cybersécurité
  206. Pingback: bandar slot
  207. Pingback: megagame
  208. Pingback: electronic visa
  209. Pingback: 38/40 ammo
  210. Pingback: 44 mag ammo
  211. Pingback: itsMasum.Com
  212. Pingback: itsMasum.Com
  213. Pingback: itsMasum.Com
  214. Pingback: itsMasum.Com
  215. Pingback: nangs Sydney
  216. Pingback: nang tanks
  217. Pingback: itsmasum.com
  218. Pingback: random text chat
  219. Pingback: boy chat
  220. Pingback: joker gaming
  221. Pingback: newyorkcareerhub
  222. Pingback: paris jobs
  223. Pingback: talent search
  224. Pingback: boston jobs

Comments are closed.