menulis artikel

Cara Menulis Artikel

Artikel adalah karangan pendek yang membahas tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, konsep atau pendapat tertentu. Artikel biasanya terdiri dari 300 sampai 1.000 kata. Artikel biasanya tersebar di internet. Penulisan artikel yang baik dan benar membuat artikel menjadi hidup sehingga menarik minat para pembaca. Artikel yang hidup bisa memberikan apa yang diinginkan pembaca yaitu manfaat dan solusi. Dengan demikian, pembaca akan betah untuk berlama-lama menghabiskan beberapa menit bahkan hingga puluhan menit untuk membaca sampai selesai.
Menulis artikel yang bisa membangkitkan minat para pembaca tidaklah mudah. Dibutuhkan cara yang tepat agar artikel memiliki komposisi yang pas untuk menarik minat baca para pembaca. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buatlah judul dan deskripsi yang menarik.

    Judul artikel yang baik adalah judul artikel yang memuat subjek, objek dan predikat yang jelas. Sayangnya, masing-masing poin tersebut sering diacuhkan para penulis artikel karena dinggap tidak efektif atau terlalu panjang. Padahal dengan menggunakan format penulisan yang semacam ini mampu memperbesar kemunculan tautan artikel di halaman hasil peselurusan bagi semua jenis artikel (termasuk artikel ilmiah).
    Contoh judul dengan prinsipini bisa dilihat melalui sebuah artikel dan penulisan yag diterbitkan oleh Hipwee, atau bisa juga meniru gaya menulis judul artikel di salah satu situs ini,

    “3 Pekerjaan ini Cocok Buat Kamu yag Doyan Keliling Dunia”.

    Untuk bagian deskripsi, sajikan uraian halyang sama, sesuatu yang menarik. Karena biasanya, selain membaca judul, para pembaca artikel juga akan membaca deskripsinya. Jika deskripsi yang disajikan menarik dan meyakinkan, pasti akan diyakini oleh pembaca bahwa tulisan yang disajikan juga bagus. Setelah itu pembaca akan membaca artikel dengan penuh semangat. Tapi kalau tidak menarik, tentu saja pembaca akan enggan untuk sekedar membukanya.

  2. Berikan gambar pendukung yang menggoda pembaca untuk melihatnya.

    Memberikan gambar adalah salah satu cara untuk membuat artikel menjadi lebih menarik. Jangan sampai tulisan yang Anda terbitkan nantinya menjadi tidak menarik. Karena dalam menulis artikel, seorang penulis harus bisa membuat pembaca tidak jenuh dengan pembacanya. Oleh karenanya, penulis harus mampu mencari gambar yang cocok dengan artikel yang Anda angkat.

  3. Buka dengan kalimat yang bagus.

    Pembukaan yang bagus adalah pembukaan yang mampu membuat pembaca melanjutkan membaca artikel, melanjutkan menggulir halaman menuju ke inti sebuah artikel dengan semangat. Berikut adalah beberapa prinsip penulisan yang perlu diperhatikan untuk membuat artikel yang baik :
    Pertanyaan yang membuat kepo.
    Pernyataan yang menggemparkan.
    Penjelasan singkat tentang inti artikel

    Ingat bahwa tidak perlu pembukaan yang terlalu panjang. Pembukaan artikel ini harus menarik.

  4. Sajikan artikel dengan uraian yang berkualtas.

    Buatlah artikel dengan isi yang tidak bertele-tele. Tulisan yang berkualitas tidak akan berputar-putar terlalu jauh. Dia akan fokus pada poin tujuan masing-masing. Berikan data dan fakta artikel yang penting seperti artikel ilmiah, surat kabar dan tema-tema artikel lain yang membutuhkan data dan fakta.
    Jangan buat artikel bertema sama dengan cara penulisan yang sama. Kalau bisa berikan hasil pemikiran sendiri yang diperoleh dari pengalaman pribadi. Karena dengan hasil pemikiran sendiri maka sudah pasti unik dan menarik.
    Artikel tidak harus panjang, yang terpenting semua hal tersampaikan dengan baik dan terstruktur.

  5. Tutup dengan sesuatu yang berkesan.

    Banyak artikel di luar sana yang tidak ditutup dengan kesan yang wow. Ketika artikel tidak bisa mencapai puncak di bagian akhir, maka artikel tersebut sia-sia belaka. Jika di awal bagian artikel memberi pertanyaan di akhir berilah jawaban, jika di awal memberi pertamyaam di belakang berilah pertanyaan, jika di awal sudah ada penjelasan maka akhiri dengan pertanyaan seperti “Cukup mudah, bukan?”

Belajar menulis artikel  sebenarnya sangat mudah dilakukan bagi setiap orang, hanya terkadang orang sering terbentur dengan hal-hal sepele yang justru menghambat proses belajar menulisnya. Sebelum memutuskan untuk memulai menulis sebuah artikel, ada baiknya menyimak tips di bawah ini. Berikut adalah hal-hal yang harus dihindari ketika ingin menulis artikel :

  1. Hindari terlalu banyak pertimbangan dalam memutuskan tema apa yang akan diambil. Jika ingin piawai dalam menulis artikel sebaiknya jangan pernah ragu dalam mengambil sebuah tema tulisan. Sepanjang tema yang akan diambil memiliki banyak referensi dari berbagai sumber. Namun, perhatikan untuk tidak pernah dan jangan pernah mengambil suatu tema yang sama sekali tidak paham. Oleh karena itu, tema terbaik adalah tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  2. Hindari terlalu banyak mukadimah. Mukadimah yang baik dalam suatu artikel memang penting, namun jika suatu waktu kebingungan dengan mukadimah, sebaiknya abaikan saja mukadimah dari sebuah artikel.
  3. Jangan terlalu sering menghapus tulisan yang sudah ditulis. Menghapus tulisan yang salah pengejaan mungkin wajib, namun menghapus tulisan yang sudah mengalir dan menganggapnya tidak sesuai akan menjadi penghambat dalam belajar menulis. Justru hal penting yang harus dilakukan adalah membiarkan tulisan yang sudah mengalir dan menyesuaikannya dengan tulisan yang baru.




Menulislah seperti layaknya sedang berbicara. Hal itu merupakan konsep terbaik dalam belajar menulis artikel dengan mudah. Cobalah melakukan aktivitas monolog atau berbicara sendiri di depan sebuah kaca, tentukan tema yang ingin dibicarakan, kemudian lakukan monolog seolah-olah sedang bercerita pada diri sendiri. Hasilnya, akan didapat sebuah artikel unik yang dihasilkan dari percakapan monolog yang tadi dilakukan.

Demikian cara untuk menulis artikel yang baik. Perhatikan bahwa menulis artikel itu tidak serumit yang dibayangkan, cukup meluangkan waktu sejenak dan tentukan tema yang hendak ditulis, lalu biarkan apa yang dipikirkan mengalir dalam tulisan artikel yang hendak dibuat.

Terima kasih, semoga bermanfaat.