Mengenal Unsur Intrinsik Cerpen

Cerpen atau cerita pendek merupakan cerita yang cenderung singkat, padat dan langsung pada tujuannya. Jumlah kata dalam cerpen terbatas, biasanya kurang dari 10.000 kata. Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang menggambarkan cerita atau kisah tentang manusia beserta seluk beluknya. Cerpen biasanya memberikan kesan karena ceritanya hanya memusatkan pada satu tokoh, satu kejadian atau satu permasalahan.

Isi cerpen cenderung padat, singkat dan langsung menuju pada topik pembahasan bila dibandingkan dengan karangan lainnya. Karangan ini dibuat berdasarkan pemikiran pengarang itu sendiri dan tidak bergantung pada fakta yang ada. Karena cerpen hanyalah sebuah cerita pendek, cerpen hanya dapat membahas satu tema (topik) saja. Selain hanya membahas tentang satu tema, pengarang hanya diperbolehkan menggunakan satu alur dalam karangan ini.
Cerpen biasanya disajikan dalam beberapa tahapan, dimulai dengan tahap pengenalan, pemunculan masalah, klimaks, peleraian dan penyelesaian masalah. Cerpen juga dapat disajikan dalam dua macam alur, yakni alur maju dan alur mundur.

Seperti karya sastra pada umumnya, cerpen juga memiliki unsur-unsur untuk membangun ceritanya. Untuk membuat sebuah cerpen terdapat beberapa unsur yang harus ada sehingga ceritanya akan runtut dan padu. Unsur tersebut diantaranya adalah unsur intrinsik yang mana merupakan komponen-komponen utama yang membangun sebuah cerpen. Jika cerpen ibarat sebagai sebuah rumah, unsur intrinsik merupakan material untuk membangun rumah tersebut.

Apabila terdapat komponen yang kurang, maka rumah tersebut tidak akan berdiri tegak dengan kokoh atau bahkan roboh. Begitu pula dengan cerpen, apabila penulis tidak melengkapi komponen tersebut maka cerpen yang dibuat akan terasa ada yang kurang atau bahkan cacat.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan menulis sebuah cerpen alangkah baiknya memahami terlebih dahulu unsur-unsur intrinsik cerpen agar cerpen yang ditulis menjadi cerpen yang bagus, runtut, padu dan enak dibaca. Unsur intrinsik cerpen terdiri dari tema, tokoh, penokohan, alur, latar, gaya bahasa, sudut pandang dan amanat. Berikut penjelasan lengkap tentang unsur intrinsik cerpen.

Tema

Dalam semua karya sastra, tema merupakan unsur pembangun utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh penulis. Tema adalah nyawa dari setiap cerpen, dengan kata lain tema merupakan ide atau gagasan dasar yang melatarbelakangi keseluruhan cerita yang ada di dalam cerpen. Tema memiliki sifat umum yang dapat diambil dari lingkungan permasalahan yang ada di masyarakat atau kisah pribadi penulis. Bisa juga pendidikan, sejarah, perjuangan romansa, persahabatan dan lain-lain.

Tokoh

Unsur intrinsik cerpen setelah tema adalah tokoh (pelaku). Tokoh merupakan pelaku dalam cerpen tersebut. Tokoh adalah pelaku fiktif yang dihadirkan penulis. Dalam sebuah cerpen dibagi menjadi dua; yaitu tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama merupakan pelaku utama yang menjadi sorotan utama dalam jalan cerita sebuah cerpen. Biasanya tokoh utama hanya terdiri dari masing-masing satu dari setiap karakter yang dibantu oleh tokoh pembantu. Tokoh pembantu merupakan pelaku yang bertugas membantu peran dari tokoh utama, yang biasanya menjadi teman atau keluarga dari tokoh utama. Tokoh pembantu juga berfungsi sebagai warna tambahan dalam cerpen.

Tokoh dalam sebuah cerpen memiliki beragam watak, diantaranya :

  1. Tokoh protagonis
    Tokoh protagonis adalah tokoh yang memiliki sikap atau karakter yang baik. Watak ini biasanya dimiliki oleh tokoh utama dalam sebuah cerpen.
  2. Tokoh antagonis
    Tokoh antagonis merupakan tokoh yang memiliki sifat dan karakter negatif seperti angkuh, congkak, sombong, dan sebagainya. Tokoh ini juga sering dimiliki oleh tokoh utama yang bertugas menentang tokoh utama protagonis.
  3. Tokoh tritagonis
    Tokoh tritagonis yaitu tokoh yang memiliki sikap dan karakter sebagai penengah dari protagonis dan antagonis. Dalam cerpen, tokoh ini biasanya memiliki sifat arif dan bijaksana.
  4. Tokoh figuran
    Tokoh figuran merupakan tokoh pendukung yang memberikan tambahan warna dalam cerita. Karena hanya sebagai pendukung, tokoh ini tidak sering muncul dalam jalannya cerita.
  5. Penokohan
    Banyak orang yang beranggapan bahwa tokoh dan penokohan adalah sama. Namun pada dasarnya kedua ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerpen, sementara penokohan adalah cara penulis menggambarkan tentang tokoh dalam cerpen.

Penulis dapat menggambarkan sifat dari tokoh tersebut dengan berbagai macam cara. Berikut adalah cara-cara yang paling sering digunakan penulis untuk menggambarkan tokoh dalam sebuah cerpen :

  1. Penggambaran tokoh dengan menceritakan ciri fisiknya, diantaranya dengan menceritakan cara tokoh tersebut berpakaian, bentuk wajah, tinggi badan, dan lain sebagainya.
  2. Penggambaran melalui percakapan yang dilakukan tokoh yang bersangkutan atau pun tokoh yang lain.
  3. Penggambaran melalui reaksi dari tokoh lain terhadap tokoh tersebut yang dapat digambarkan dalam rupa pendapat, komentar sikap, dan lain sebagainya.

Alur

Alur merupakan rangkaian peristiwa yang disampaikan penulis untuk membentuk sebuah cerita dalam cerpen. Alur dalam sebuah cerita, memiliki tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. Tahap perkenalan

Tahap perkenalan merupakan pembukaan cerita yang berisi pengenalan tokoh dan latar belakang cerita.

  1. Tahan pemunculan konflik

Tahap ini merupakan tahap awal munculnya sebuah permasalahan. Di sini pengarang biasanya memberikan gambaran awal tentang permasalahan dalam cerita yang dibuatnya.

  1. Tahap klimaks

Di tahap ini, konflik-konflik yang diterima oleh tokoh utama akan memuncak dan tokoh utama akan mulai bingung dan sedih.

  1. Tahap peleraian

Pada tahap ini konflik yang memuncak mulai menurun. Penulis memberikan solusi atas masalah yang terjadi. Solusi ini bisa diberikan oleh penulis dengan memunculkan tokoh pembantu dalam cerita tersebut.

  1. Tahap penyelesaian

Tahap ini merupakan tahapan penyelesaian atas semua masalah dalam cerita. Biasanya berupa kemenangan bagi tokoh utama yang berakhir bahagia.

Alur juga memiliki beberapa jenis, yakni alur maju, alur mundur, dan alur campuran.

  1. Alur Maju

Cerita dengan alur maju berarti cerita tersebut dirangkai dalam sebuah cerita yang bergerak maju ke depan (masa depan).

  1. Alur mundur

Cerita dengan alur mundur berarti cerita tersebut diceritakan dirangkai dalam sebuah cerita yang menempatkan kejadian akhir sebagai awal cerita.

  1. Alur campuran

Alur campuran merupakan campuran antara alur mundur dan alur maju.

Latar

Latar merupakan keterangan mengenai waktu, ruang dan suasana cerita. Latar memiliki 3 jenis sebagai berikut:

  1. Latar waktu
    Latar waktu merupakan keterangan tentang kapan terjadinya cerita dalam cerpen tersebut.
  2. Latar tempat
    Latar tempat merupakan keterangan tentang di mana tempat kejadian cerita di dalam novel tersebut.
  3. Latar suasana
    Latar suasana merupakan keterangan tentang suasana yang digambarkan dalam sebuah cerpen.
Sudut Pandang

Sudut pandang yaitu kedudukan seorang pengarang dalam sebuah cerita. Sudut pandang memiliki 2 jenis :

  1. Sudut pandang orang pertama
    Sudut pandang ini biasanya disampaikan dengan penggunaan kata aku di dalam cerita tersebut.
  2. Sudut pandang orang ketiga
    Sudut pandang orang ketiga adalah cara penulis menyampaikan cerita dengan menggunakan kata ganti dia. Sudut pandang ini juga disebut sudut pandang orang serba tahu.
  3. Gaya Bahasa
    Unsur ini merupakan ciri khas masing-masing penulis yang bisa dilihat dari pola kalimat dan pemilihan diksi penulis ketika menyajikan sebuah cerita.
Amanat

Amanat merupakan pesan moral yang seringkali disisipkan penulis secara tersirat dalam cerita yang ditulisnya.

Demikian artikel mengenai unsur intrinsik cerpen. Semoga bermanfaat!

386 thoughts on “Mengenal Unsur Intrinsik Cerpen

  1. Pingback: keto diet?
  2. Pingback: Lincoln Georgis
  3. Pingback: Leandro Farland
  4. Pingback: Lila Lovely
  5. Pingback: MILF Porn
  6. Pingback: domain-name
  7. Pingback: valentine gift
  8. Pingback: Click Here
  9. Pingback: Click Here
  10. Pingback: Click Here
  11. Pingback: Click Here
  12. Pingback: Click Here
  13. Pingback: Click Here
  14. Pingback: Click Here
  15. Pingback: Click Here
  16. Pingback: Click Here
  17. Pingback: Click Here
  18. Pingback: Click Here
  19. Pingback: Click Here
  20. Pingback: Click Here
  21. Pingback: Click Here
  22. Pingback: Click Here
  23. Pingback: Click Here
  24. Pingback: Click Here
  25. Pingback: Click Here
  26. Pingback: Click Here
  27. Pingback: Click Here
  28. Pingback: Click Here
  29. Pingback: Click Here
  30. Pingback: no code robotics
  31. Pingback: spaceros
  32. Pingback: Click Here
  33. Pingback: Click Here
  34. Pingback: Click Here
  35. Pingback: Click Here
  36. Pingback: Click Here
  37. Pingback: Click Here
  38. Pingback: Click Here
  39. Pingback: Click Here
  40. Pingback: Click Here
  41. Pingback: Click Here
  42. Pingback: Click Here
  43. Pingback: Click Here
  44. Pingback: Click Here
  45. Pingback: Click Here
  46. Pingback: Click Here
  47. Pingback: Click Here
  48. Pingback: Click Here
  49. Pingback: Click Here
  50. Pingback: Click Here
  51. Pingback: Click Here
  52. Pingback: Click Here
  53. Pingback: Click Here
  54. Pingback: Click Here
  55. Pingback: Click Here
  56. Pingback: Click Here
  57. Pingback: Click Here
  58. Pingback: Click Here
  59. Pingback: Click Here
  60. Pingback: Click Here
  61. Pingback: Click Here
  62. Pingback: Click Here
  63. Pingback: Click Here
  64. Pingback: Click Here
  65. Pingback: Click Here
  66. Pingback: Click Here
  67. Pingback: Click Here
  68. Pingback: Click Here
  69. Pingback: Click Here
  70. Pingback: Click Here
  71. Pingback: Click Here
  72. Pingback: Click Here
  73. Pingback: Click Here
  74. Pingback: Click Here
  75. Pingback: Click Here
  76. Pingback: Click Here
  77. Pingback: Click Here
  78. Pingback: Click Here
  79. Pingback: buy-domains
  80. Pingback: domains
  81. Pingback: superhero
  82. Pingback: Google reviews
  83. Pingback: 2023 Books
  84. Pingback: rip
  85. Pingback: funeral director
  86. Pingback: online memorial
  87. Pingback: family member
  88. Pingback: burial place
  89. Pingback: IRA Empire
  90. Pingback: fue
  91. Pingback: Grading System
  92. Pingback: fue
  93. Pingback: training
  94. Pingback: Dr. Ebada Sarhan
  95. Pingback: Biochemistry
  96. Pingback: ????? ??????
  97. Pingback: MSc in pharmacy
  98. Pingback: SEOSolutionVIP
  99. Pingback: appareil fitness
  100. Pingback: Fiverr Earn
  101. Pingback: Fiverr Earn
  102. Pingback: Fiverr Earn
  103. Pingback: Fiverr Earn
  104. Pingback: Fiverr Earn
  105. Pingback: fiverrearn.com
  106. Pingback: fiverrearn.com
  107. Pingback: fiverrearn.com
  108. Pingback: fiverrearn.com
  109. Pingback: fiverrearn.com
  110. Pingback: fiverrearn.com
  111. Pingback: fiverrearn.com
  112. Pingback: fiverrearn.com
  113. Pingback: TLI
  114. Pingback: fiverrearn.com
  115. Pingback: clima de hoy
  116. Pingback: fiverrearn.com
  117. Pingback: fiverrearn.com
  118. Pingback: fiverrearn.com
  119. Pingback: bernedoodle
  120. Pingback: exotic bullies
  121. Pingback: bernedoodle
  122. Pingback: blogging
  123. Pingback: crypto news
  124. Pingback: film
  125. Pingback: i.8ua.ru
  126. Pingback: smartphones
  127. Pingback: frenchie houston
  128. Pingback: frenchie ring
  129. Pingback: FiverrEarn
  130. Pingback: grey bulldog
  131. Pingback: Warranty
  132. Pingback: Piano trade-in
  133. Pingback: FUE
  134. Pingback: FUE
  135. Pingback: FUE
  136. Pingback: FUE
  137. Pingback: Discreet moving
  138. Pingback: FiverrEarn
  139. Pingback: FiverrEarn
  140. Pingback: Fiverr.Com
  141. Pingback: FiverrEarn
  142. Pingback: site
  143. Pingback: FiverrEarn
  144. Pingback: Media
  145. Pingback: Coach
  146. Pingback: FiverrEarn
  147. Pingback: FiverrEarn
  148. Pingback: batmanapollo.ru
  149. Pingback: pupuk cair
  150. Pingback: partners
  151. Pingback: red boost
  152. Pingback: neuro rise
  153. Pingback: Betting tips
  154. Pingback: FiverrEarn
  155. Pingback: FiverrEarn
  156. Pingback: FiverrEarn
  157. Pingback: FiverrEarn
  158. Pingback: FiverrEarn
  159. Pingback: FiverrEarn
  160. Pingback: FiverrEarn
  161. Pingback: FiverrEarn
  162. Pingback: FiverrEarn
  163. Pingback: FiverrEarn
  164. Pingback: FiverrEarn
  165. Pingback: FiverrEarn
  166. Pingback: FiverrEarn
  167. Pingback: FiverrEarn
  168. Pingback: FiverrEarn
  169. Pingback: FiverrEarn
  170. Pingback: FiverrEarn
  171. Pingback: FiverrEarn
  172. Pingback: FiverrEarn
  173. Pingback: FiverrEarn
  174. Pingback: FiverrEarn
  175. Pingback: FiverrEarn
  176. Pingback: FiverrEarn
  177. Pingback: Dairy
  178. Pingback: Link
  179. Pingback: personalized
  180. Pingback: FiverrEarn
  181. Pingback: FiverrEarn
  182. Pingback: FiverrEarn
  183. Pingback: FiverrEarn
  184. Pingback: FiverrEarn
  185. Pingback: batman apollo
  186. Pingback: psy
  187. Pingback: cheap sex cams
  188. Pingback: fullersears.com
  189. Pingback: fullersears.com
  190. Pingback: live sex cams
  191. Pingback: live sex cams
  192. Pingback: marketplace
  193. Pingback: frt trigger
  194. Pingback: 늑대닷컴
  195. Pingback: Expanding symbol
  196. Pingback: nangs sydney
  197. Pingback: allgame
  198. Pingback: 918kiss
  199. Pingback: หวย24
  200. Pingback: pg slot
  201. Pingback: grandpashabet
  202. Pingback: cybersécurité
  203. Pingback: grandpashabet
  204. Pingback: megagame
  205. Pingback: 3 408 cheytac
  206. Pingback: 220 swift
  207. Pingback: duromine
  208. Pingback: SaaS Lawyer
  209. Pingback: itsMasum.Com
  210. Pingback: itsMasum.Com
  211. Pingback: itsMasum.Com
  212. Pingback: nang tanks
  213. Pingback: chat ave
  214. Pingback: prank hotline
  215. Pingback: free chat now
  216. Pingback: itsmasum.com
  217. Pingback: itsmasum.com
  218. Pingback: itsmasum.com
  219. Pingback: joker gaming
  220. Pingback: seoul jobs
  221. Pingback: melbourne jobs
  222. Pingback: kashmir hub
  223. Pingback: itsmasum.com
  224. Pingback: live sex shows
  225. Pingback: Kampus Tertua
  226. Pingback: texas frenchies
  227. Pingback: 918kiss

Comments are closed.